Kamis 01 September 2022, 14:24 WIB

Pakar Ungkap Perlu Pertimbangan Diberikan Vaksin Covid-19 Bivalen

Dinda Shabrina | Humaniora
Pakar Ungkap Perlu Pertimbangan Diberikan Vaksin Covid-19 Bivalen

ANTARA FOTO/Rahmad
Vaksin

 

MANTAN Direktur Penyakit Menular WHO Tjandra Yoga Aditama mengatakan Indonesia perlu mendapatkan vaksin terbaru dalam pengendalian covid-19. Hal ini bertujuan agar pencegahan virus lebih efektif.

“Ada baiknya kalau Indonesia mempertimbangkan penggunaan vaksin covid-19 terbaru untuk melindungi anak bangsa. Seperti vaksin bivalen yang merupakan terobosan terbaru,” kata Tjandra, Rabu (31/8).

Vaksin bivalen sebagai terobosan terbaru diyakini Tjandra dapat memberi proteksi terhadap varian omikron dan varian covid-19 yang ada sejak awal 2020.

“Kita tahu varian yang mendominasi di dunia dan Indonesia sekarang ini adalah varian omikron, sementara vaksin yang kita pakai sekarang dibuat sebelum ada omicron. Jadi vaksin terbaru ini, bivalen, sesuai dengan masalah yang ada sekarang, sayangnya vaksin terbaru ini belum ada di negara kita,” ungkapnya.

Baca juga: BPOM: Izin Penggunaan Darurat Vaksin Indovac dan Inavac Keluar September

Tjandra juga mengungkapkan di berbagai negara telah menggunakan vaksin jenis baru untuk melindungi warga negara mereka dari varian terbaru, seperti Amerika Serikat.

“Nampaknya mereka akan mulai memproses persetujuan penggunaan baru dari Pfizer yang terdiri dari 15 mikrogram mRNA encoding untuk virus jenis awal seperti yang sudah ada di vaksin sekarang ini dan 15 mikrogram mRNA encoding lainnya untuk proteksi terhadap varian Omicron BA.4/BA.5,” tuturnya.

Negara lain, seperti Inggri, ucap Tjandra, sudah menyediakan vaksin jenis terbaru.

“Produsen Moderna membuat vaksin ‘Spikevax bivalent Original/Omicron’, setengah dosisnya 25 mikrogram menargetkan untuk proteksi virus covid-19 tahun 2020 yang awal dan setengah dosis lainnya 25 mikrogram untuk menangani varian omikron yang sekarang ini,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya