Kamis 28 Juli 2022, 17:12 WIB

Ini Wilayah Prioritas Vaksin Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Ini Wilayah Prioritas Vaksin Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan

Antara
Ilustrasi tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin covid-19.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) segera memulai program vaksinasi covid-19 dosis keempat atau booster tahap kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia pada Jumat (29/7) besok.

Juru bicara Kemenkes Mohammad Syahril mengungkapkan bahwa semua wilayah menjadi target vaksinasi booster kedua bagi nakes. Namun, ada beberapa wilayah yang menjadi prioritas, karena melaporkan kasus covid-19 yang tinggi.

"Prinsipnya, semua nakes di indonesia diberikan vaksin ke dosis keempat (boster tahap kedua)," ujar Syahril kepada Media Indonesia, Kamis (28/7).

Baca juga: 38,3 Juta Masyarakat Sudah Divaksin Booster

Adapun pelaksanaan vaksin covid-19 dosis keempat bagi nakes dilaksanakan serentak di fasilitas kesehatan setiap daerah. Terdapat sejumlah wilayah yang menjadi prioritas, dengan adanya laporan peningkatan kasus covid-19.

"Prioritas di Jakarta, Banten, Jawa Barat, Bali, Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sejumlah provinsi ini kasus covid-19-nya banyak," imbuhnya.

Baca juga: IDI Tegaskan Peran Masyarakan Sebagai Garda Terdepan Pengelolaan Kesehatan

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Maxi Rein Rondonuwu menyebut pihaknya telah menerbitkan surat edaran perihal pelaksanaan vaksinasi covid-19 dosis booster tahap kedua untuk kalangan nakes.

"Hari ini dibuat edaran ke semua dinas kesehatan dan rumah sakit, untuk pelaksanaan booster kedua bagi nakes," tutur Maxi.

Menurut Kemenkes, vaksinasi covid-19 dosis keempat untuk nakes bisa menggunakan produk vaksin yang sudah mendapat persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat dari BPOM. Tentunya, dengan memperhatikan ketersediaan vaksin covid-19.(OL-11)
 

Baca Juga

DOK/ASTRA INTERNASIONAL

Kemenko PMK Gandeng SMK Binaan Astra Tingkatkan Kemandirian Pangan dan Perbaikan Lingkungan

👤Bayu Anggoro 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:25 WIB
Gerakan Penanaman 10 juta Pohon ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menyadari persoalan lingkungan saat...
FOTO/researchgate.net

Inilah Bahaya yang Mengerikan Akibat BPA 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:23 WIB
Paparan BPA memiliki risiko terhadap gangguan perkembangan janin, menghasilkan kondisi feminisasi janin, fetus infertilitas, kualitas...
MI/Panca Syurkansi.

Cocok untuk Diet, Kimpul Alternatif Pengganti Nasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:13 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) menginisiasi talas belitung atau yang dikenal dengan kimpul sebagai calon pengganti nasi dari beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya