Selasa 26 Juli 2022, 16:50 WIB

Cara Membangun Citra Diri di Media Sosial

Mediaindonesia.com | Humaniora
Cara Membangun Citra Diri di Media Sosial

DOK Kemenkominfo.
Webinar tentang Membangun Citra Diri di Media Sosial pada Jumat (22/7).

 

MEMBANGUN citra diri di media sosial itu penting. Apalagi bagi seorang kreator konten, akan banyak orang yang akan menonton dan melihat postingannya. Karena itu tonjolkan hal yang menarik dan jadikan itu sebagai nilai jual konten yang kita buat.

Itu disampaikan kreator konten di media sosial, Chelsea Pamela Taroreh, dalam webinar tentang Membangun Citra Diri di Media Sosial pada Jumat (22/7) yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bekerjasama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. "Jika ingin menjadi kreator konten harus siap menjadi figur publik. Jaga ucapan dan sikap kita karena audiens yang menyukai atau menjadi fans akan mengikuti dan meniru yang kita sebar di media sosial. Kemudian harus siap juga secara mental dan fisik karena dengan menjadi publik figur tidak semua orang akan menyukai kita, harus bijak dalam menanggapi komen dan kritik dari penonton," terang Pamela.

Rizqika Alya Anwar yang juga seorang kreator konten mengatakan etika di media sosial sangat penting. "Kita jangan hanya fokus membangun citra diri, tetapi juga harus memperhatikan etika bermedia sosial supaya terbangun citra diri yang positif di mata audiens," ungkap Rizqika.

Pengguna media digital harus menjadi netizen yang pintar. "Kehidupan kita di dunia nyata dan media sosial tidak jauh berbeda. Karenanya, harus be a smart netizen. Kedepankan etika dan jangan memperlakukan diri sendiri di dunia digital dengan lebih memperhatikan kembali yang kita ketik dan posting di media sosial kita," jelas Rizqika. 

Cheryl Antoinette mengatakan personal branding yang baik akan terbangun sendiri seiring dengan jejak digital yang kita tinggalkan. "Yang kita upload di media sosial akan meninggalkan jejak digital yang sulit untuk dihilangkan. Mau dikenal sebagai kreator konten seperti apa tergantung dengan konten dan postingan kita. Jika ingin membangun personal branding yang baik, buatlah konten positif dan bermanfaat buat audiens karena hal itu akan selalu diingat oleh audiens dan pengikut kita," ungkap Cheryl.

Cheryl juga memberikan tips dalam membangun citra diri di media sosial. "Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membangun personal branding itu yakni mengetahui sampai di mana kemampuan, setelah itu pilih platform media sosial konten kita, jangan fokus ke view dan like, fokus ke konten dengan terus memberikan karya terbaik dan bermanfaat, setelah itu lihat feedback dari penonton agar kita tahu di mana kurang dan salahnya kita agar bisa diperbaiki untuk konten selanjutnya dan terakhir konsisten dalam membuat konten," jelasnya. (RO/OL-14)

Baca Juga

Ist

Keterbukaan dan Sikap Kritis Kunci Pulih dari Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:40 WIB
Proses radikalisasi seringkali masuk akibat keterbukaan yang tidak diiringi sikap kritis. Hal ini mengingat strategi infiltrasi kelompok...
Antara

Cegah Kasus PMK Meluas, Pemerintah Impor 14 Juta Dosis Vaksin

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 23:37 WIB
Pemerintah juga melakukan percepatan vaksinasi pada hewan ternak sehat, namun berada di wilayah yang berstatus wabah...
Medcom.id/Ahmad Garuda

Mau Buat SIM C, Ini Syarat dan Biayanya

👤Mesakh Ananta Dachi 🕔Kamis 18 Agustus 2022, 22:54 WIB
Apabila anda ingin segera mengendarai kendaraan, terutama sepeda motor, ketahui apa saja syarat dan berapa biaya pembuatan SIM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya