Senin 09 Mei 2022, 10:19 WIB

Soal Macet Saat Mudik Lebaran, Menhub Minta Maaf

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Soal Macet Saat Mudik Lebaran, Menhub Minta Maaf

ANTARA/Syaiful Arif
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan saat mulai adanya arus balik Lebaran di jalan raya Perak, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

 

MENTERI Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan mudik Lebaran tahun ini menghasilkan pergerakan masyarakat yang sangat banyak, yang berakibat terjadi kemacetan.

Hasil survei Litbang Kemenhub menyebut ada animo masyarakat yang tinggi dengan 85,5 juta masyarakat ingin pergi mudik Lebaran tahun ini.

"Kami sampaikan permohonan maaf belum bisa memenuhi harapan semua pihak. Kami akan lakukan evaluasi kegiatan mudik," ujarnya dalam siaran pers, Senin (9/5).

Baca juga: 1 Juta Kendaraan Kembali ke Jabotabek, Mayoritas dari Arah Timur

Sejumlah survei hingga simulasi lalu lintas telah dilakukan pihaknya bersama Kepolisian dan Jasa Marga, sehingga menghasilkan rekomendasi yang dieksekusi oleh para penanggung jawab di lapangan saat arus mudik.

“Yang paling masif (pengawasan) adalah rekan-rekan Kepolisian di jalur darat dan kemudian penyeberangan, udara, kereta api, dan laut,” ucapnya.

Menhub berharap, kegiatan mudik tahun ini menjadi awal dari kebangkitan ekonomi dan juga menjadi tanda dimulainya masa endemi.

"Kami selalu menekankan agar protokol kesehatan dijalankan dengan baik, sehingga diharapkan tidak terjadi kenaikan kasus usai masa mudik,” ujarnya.

Kegiatan arus mudik dan balik Lebaran 2022, yang dimulai pada 25 April 2022 (H-7) sampai dengan tadi malam, Minggu (8/5) (H+5) telah dilalui. Kemenhub berkomitmen penuh menjalankan amanah Presiden Joko Widodo, agar pelaksanaan mudik ini berjalan dengan aman.

“Berbagai masukan telah kami terima dan pada umumnya menyampaikan bahwa mudik pada tahun ini berjalan baik,” tutup Budi. (OL-1)

Baca Juga

Antara

35,4 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Sudah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:28 WIB
Sebanyak 5.327.981 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.416.934 petugas...
Antara

Vaksin Booster untuk Syarat Mobilitas Berlaku Dua Minggu Lagi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:26 WIB
Keputusan itu berdasarkan hasil rapat terbatas kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo. Nantinya, kebijakan anyar diturunkan melalui...
Antara

50 Ribu Orang Divaksinasi Dosis Kedua pada 4 Juli

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Senin 04 Juli 2022, 23:25 WIB
Total 169.168.497 orang telah menerima vaksin lengkap per Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya