Kamis 31 Maret 2022, 13:57 WIB

Inovasi Jangkau Pasien TB Lebih Masif dengan Mobile X-ray

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Inovasi Jangkau Pasien TB Lebih Masif dengan Mobile X-ray

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Wamenkes Dante Saksono Harbuwono saat mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR RI.

 

SAAT ini konsentrasi penanganan pandemi covid-19 perlahan mulai turun, membuat dunia juga bisa fokus pada penanganan tuberkulosis (TB) yang juga menjadi penyakit mematikan sebelum SARS Cov 2 ada.

Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengatakan sudah saatnya meningkatkan surveillance penemuan pasien aktif TB. Penemuan pasien ini penting sekali dilakukan pada kontak dan tracing seperti tracing pasien covid-19 di tempat-tempat endemi tinggi.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni dengan cara mobile x-ray dan akan dilakukan di beberapa tempat sehingga orang-orang akan bisa memeriksa langsung apakah dirinya terpapar TB atau tidak tanpa harus datang ke rumah sakit.

"Dengan melakukan x-ray tersebut maka bisa langsung diidentifikasi TB lebih dini. Keuntungan mobile X-ray ini bisa menemukan kasus TB infection yang sebelumnya belum terdeteksi secara klinis dan dapat menjangkau masyarakat secara masal," kata Dante di Yogyakarta, Kamis (31/3).

Baca juga: Indonesia Dorong Anggota G20 Dukung Eliminasi Tuberkulosis 2030

Nantinya mobile x-ray akan diterapkan di seluruh Indonesia akan disebarkan distribusi yang dimulai tahun ini. Akan dimulai di 7 provinsi Sumatera Utara, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, dan Sulawesi Selatan, Sementara Yogyakarta sudah dilakukan.

"Total pengadaan alat sebanyak 11 alat yang kemudian akan bekerja sama dengan penyedia jasa sehingga dimanfaatkan jasa ini. Orang yang lebih berisiko yang diutamakan jadi masuk dari kontak erat dan bekerja sama dengan komunitas dengan pasien yang sudah dalam pengobatan atau selesai dan diskrining," ujar Dante.

"Ada beberapa hal yang menjadi faktor risiko yakni yang berkontak langsung dengan pasien TB, orang dengan HIV dan orang dengan diabetes. Mereka ini akan menjadi target sasaran yang dilakukan skrining," pungkasnya. (Iam/OL-09)

Baca Juga

MI/John Lewar

NTT Dorong Pariwisata Sebagai Motor Pembangunan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 10:00 WIB
Pemerintah daerah NTT terus menonjolkan ragam kebudayan adat dan wisata alam untuk meningkatkan pariwisata...
Dok. McDonald’s Indonesia

Tingkatkan Literasi, McDonald’s Indonesia Berikan Beasiswa Pelatihan untuk 1.200 Guru SD

👤Indrastuti 🕔Minggu 26 Juni 2022, 09:15 WIB
Pelatihan akan diselenggarakan pada 27 Juni-1 Juli 2022 secara online, dengan dua tema yaitu kelas Pedagogik Sains dan kelas Asesmen...
ANTARA/AMPELSA

Pendidikan dalam Keluarga Faktor Utama Pencegahan Anak pada Narkotika

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 26 Juni 2022, 08:50 WIB
Fungsi pendidikan dalam keluarga tidak bisa berjalan dengan baik jika komunikasi antara anak dan orang tua macet atau...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya