Jumat 25 Maret 2022, 14:38 WIB

Realisasikan Target Penurunan Angka Stunting dengan Rencana Matang dan Terukur

Mediaindonesia.com | Humaniora
Realisasikan Target Penurunan Angka Stunting dengan Rencana Matang dan Terukur

Antara/Ardiansyah.
Petugas mengukur berat badan balita saat pelaksanan Pos Pelayanan Terpadu (posyandu) di Kedaton, Bandar Lampung, Lampung, Senin (21/3/2022).

 

TARGET penurunan angka stunting hingga 14% pada 2024 harus diikuti rencana aksi dan realisasi yang terukur dari setiap pemerintah daerah. Dengan demikian, target itu bisa terealisasi sesuai rencana. 

"Target penurunan angka stunting kerap dicanangkan, tetapi tanpa perencanaan yang terukur dengan baik. Target-target itu hanya sekadar angka semata," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/3). 

Saat berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/3), Presiden Jokowi menetapkan target penurunan angka stunting menjadi 14% pada 2024. Data Kementerian Kesehatan angka stunting nasional pada 2021 tercatat 24,4%.

Menurut Lestari, para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus merespons dengan serius untuk mencapai target penurunan angka stunting yang dicanangkan presiden. Keseriusan itu, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus ditunjukkan antara lain dengan rencana aksi dan tahapan realisasi yang terukur oleh para pemangku kepentingan.

Menurut Rerie, target penurunan stunting hingga 14% dalam dua tahun ke depan memang bukan pekerjaan mudah, tetapi harus diikhtiarkan karena menyangkut kualitas SDM bangsa kelak. Di tengah perubahan di berbagai bidang yang dialami bangsa-bangsa di dunia, tambah Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, hanya negara dengan kualitas sumber daya manusia (SDM) tangguh yang mampu memenangi persaingan.

Baca juga: Perlu Langkah Strategis untuk Segera Atasi Learning Loss

Mencegah stunting dengan meningkatkan pemenuhan makanan bergizi bagi balita, ujarnya, merupakan langkah penting dalam membentuk kualitas anak bangsa yang tangguh. Strategisnya upaya pemenuhan gizi bagi setiap balita di negeri ini dalam pembentukan SDM yang tangguh, tegas Rerie, harus dipahami oleh para pemangku kepentingan dan masyarakat.  Dengan begitu, tambah Rerie, pencapaian target penurunan angka stunting nasional bisa digalang dalam satu gerakan bersama seluruh anak bangsa. (OL-14)

Baca Juga

Antara

2.248 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:52 WIB
Sementara itu, kasus aktif bertambah 616 sehingga menjadi 16.790...
Antara

35 Juta Masyarakat Rentan dan Umum Telah Divaksin Booster

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:48 WIB
Sebanyak 5.253.088 lanjut usia telah terproteksi vaksin booster. Kemudian 7.358.241 petugas...
MI/Susanto

Kemenag Siapkan Layanan Pengaduan Haji Secara Daring 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 30 Juni 2022, 23:42 WIB
Layanan aduan daring disiapkan untuk jemaah haji dan petugas, dengan mengakses link haji2022.kemenag.go.id. Kemudian, mengisi formulir jika...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya