Rabu 23 Maret 2022, 11:34 WIB

Fadli Zon: Parlemen Harus Kawal Pencapaian Komitmen 'Net-Zero'

mediaindonesia.com | Humaniora
Fadli Zon: Parlemen Harus Kawal Pencapaian Komitmen

Ist/Twitter@fadlizon
Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon.

 

KETUA Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Fadli Zon, yang juga merupakan Wakil Presiden Global Organization of Parliamentarians Against Corruption (Gopac) meyakini bahwa pemberantasan korupsi sangat penting untuk keberhasilan goals ke-13 dalam Sustainable Development Goals (SDGs).

"COP-26 tahun lalu diakhiri dengan janji target net-zero dari lebih 90% dari PDB dunia dan sekitar 90% emisi global. Namun, komitmen tersebut harus dikawal dan tidak boleh dibiarkan begitu saja," ujar Fadli dalam sesi general debateStanding Commitee on Democracy on Human Right, Sidang IPU ke-144, di Nusa Dua, Bali, Rabu (23/3/2022).

Disampaikan Fadli, penghapusan emisi secara bertahap membutuhkan pendanaan yang sangat besar, baik sektor publik maupun swasta. Sebuah mobilisasi bersama-sama janji 100 miliar dolar AS dari negara maju pihak UNFCCC (The United Nations Framework Convention on Climate Change) juga perlu segera direalisasikan.

Baca juga: Bertemu Parlemen Liga Arab dan Bahrain, Puan Tekankan Kepemimpinan Perempuan

"Parlemen harus memantau pelaksanaan net-zero dan perlu upaya lebih untuk mencapai transparansi dan akuntabilitas. Setiap regulasi yang dibuat harus mencakup hal-hal transparansi, akuntabilitas, inklusivitas, serta harus memperhatikan setiap dampak kepada masyarakat terhadap proyek net-zero," ucapnya.

Selain itu, sambung Fadli, undang-undang anti korupsi yang kuat juga diperlukan untuk mengembangkan sistem tata kelola yang kuat menuju transisi net-zero. GOPAC juga menyoroti bahwa apapun proyek transisi net-zero tidak ada yang kebal terhadap korupsi.

"Proyek hijau atau tidak, mereka rentan terhadap pelanggaran korupsi seperti persekongkolan tender, penyuapan, atau markup infrastruktur. Dengan demikian, aktif dan berkelanjutan mekanisme pengawasan parlemen terhadap aksi iklim implementasi sangat penting," pungkasnya.

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya