Kamis 10 Maret 2022, 08:00 WIB

Peneliti Ungkap Bahaya Mikroplastik di Udara Jika Terhirup

Zubaedah Hanum | Humaniora
Peneliti Ungkap Bahaya Mikroplastik di Udara Jika Terhirup

AFP
Temuan mikroplastik di laut.

 

MIKROPLASTIK merupakan bentuk plastik yang memiliki ukuran kurang dari setengah centimeter dan bisa terkandung di udara yang dihirup sehari-hari.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Reza Cordova menyampaikan temuan bahwa mikroplastik sangat berbahaya bagi kesehatan, terutama jika terhirup oleh sistem pernapasan manusia.

"Kalau ada mikroplastik, kemudian secara tidak sengaja kita hirup, secara tidak langsung kita memasukkan racun, baik itu plastik sendiri, bahan aditifnya atau bahan campuran dari polutan lain ke dalam tubuh," kata Reza dalam siaran pers Bicara Udara dilansir dari Antara.

Reza menjelaskan, plastik itu bersifat unik, sehingga menjadi tempat penempelan bagi bahan polutan yang lain. Menurutnya, ketika plastik ini masuk dalam organ tubuh yang ternyata ditempeli oleh bahan polutan yang lain dan ikatan itu tidak lepas, maka berpotensi meninggalkan luka di dalam tubuh.

“Lalu, kalau nanti bisa menjadi tempat masuknya polutan ke dalam tubuh, secara tidak langsung kita bisa bilang bahwa plastik ini media pembawa polutan yang lain dan mempercepat kemungkinan polutan yang lain masuk ke tubuh menjadi lebih cepat,” ungkapnya.

Mikroplastik ini, lanjut Reza, akan menjadi sumber pencemar baru, baik yang ada di udara, air, dan darat, sehingga dapat berbahaya terutama bagi kehidupan manusia.

“Itu jadi satu problematika tersendiri dan itu yang perlu kita perhatikan supaya tidak mengganggu kehidupan kita sehari-hari,” kata dia.

Kendati demikian, Reza mengatakan hingga kini hasil penelitian yang ditemukan baru dapat mengetahui dampak langsung dari mikroplastik, sedangkan untuk dampak tidak langsungnya masih perlu kajian lebih lanjut.

Artinya, masih banyak hal yang belum diketahui secara pasti mengenai dampak lain yang mungkin muncul dari kandungan mikroplastik di udara.

“Saat ini, yang harus kita lakukan mungkin memberikan saran kepada pemerintah (terkait mikroplastik), ini loh sebenarnya yang terjadi di masyarakat,” pungkasnya. (H-2)

Baca Juga

MI/Susanto

Jelang Puncak Haji, Pemerintah Intensifkan Screening Kesehatan Jemaah

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:47 WIB
"Pemerintah melalui petugas layanan kesehatan telah melaksanakan screening kesehatan jemaah dari Madinah untuk gelombang pertama dan...
dok.pribadi

IPB Lahirkan Generasi Ketiga Doktor Pemetaan Tanah Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:34 WIB
IPB University melahirkan generasi ketiga ilmuwan pemetaan digital asal Indonesia, yakni Destika Cahyana pada penghujung Juni...
DOK UMJ

UMJ Kukuhkan Herwina Bahar Sebagai Guru Besar Ilmu Pendidikan

👤Widhoroso 🕔Rabu 29 Juni 2022, 17:30 WIB
UNIVERSITAS Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar pengukuhan guru besar pada di Aula Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMJ, Rabu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya