Selasa 08 Maret 2022, 21:54 WIB

Ini Usulan Kemenkes Untuk Tingkatkan Ketahanan Sistem Kesehatan Global di Forum T20 

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ini Usulan Kemenkes Untuk Tingkatkan Ketahanan Sistem Kesehatan Global di Forum T20 

Dok. T20Indoensia.org
Log forum T20

 

KEMENTERIAN Kesehatan mengusulkan tiga terobosan untuk menguatkan sistem kesehatan global dan menjamin layanan kesehatan yang merata. Usulan itu diutarakan dalam The Indonesia Healthcare Future Forward T20, Selasa (8/3). 

"Pertama yakni mobilisasi sumber daya keuangan untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Dengan begitu melanjutkan pembentukan mekanisme baru PPR (Prevention, Preparedness, and Response) pembiayaan yang telah dilakukan oleh kepresidenan G20 Italia sebelumnya," kata Kunta Wibawa, Sekjretaris Jenderal Kemenkes. 

Kedua yakni mobilisasi sumber daya kesehatan yang penting untuk pencegahan, kesiapsiagaan, dan respons pandemi. Dengan begitu bisa lebih sigap apabila terjadi pandemi di kemudian hari. 

Baca juga : 12 Juta Anak Usia 6-11 Tahun Sudah Divaksin Covid-19

"Pembentukan mekanisme global untuk meningkatkan, mengakses dan memobilisasi sumber daya kesehatan penting untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan merespon terhadap krisis kesehatan," ujarnya. 

Ketiga adalah optimalisasi pengawasan geonomik dan penguatan mekanisme berbagi data tepercaya untuk memberikan insentif bagi kesehatan masyarakat global yang kuat. 

"Mengoptimalkan platform berbagi data geonomik global yang dipercaya oleh ilmuwan di seluruh dunia. Dengan begitu keharmonisan data di seluruh dunia bisa tercapai dan bisa bersama-sama melawan pandemi covid-19," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.ist

Sandiaga Apresiasi UMKM dan Dukung Yayasan Yatim Dhuafa di Yogyakarta

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:03 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengunjungi  pelaku UMKM di Yogyakarta yang merupakan peserta dari program...
ANTARA

Jenderal Dudung Perintahkan Jajaran TNI AD Jadi Bapak Asuh Anak Stunting

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 16:51 WIB
Usai pengukuhan, Jenderal Dudung langsung memerintahkan jajaran TNI AD untuk juga menjadi Bapak Asuh Anak...
Ist

Mengedukasi Pola Hidup Sehat Melalui Likeme.id

👤Widhoroso 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 15:59 WIB
MENJALANI bisnis makanan dan minuman sehat berbahan alami, sama sekali tidak ada dalam benak Fazry Wildan Shahab beberapa tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya