Senin 17 Januari 2022, 12:10 WIB

Wapres Minta Cakupan Layanan Baznas Diperluas

Emir Chairullah | Humaniora
Wapres Minta Cakupan Layanan Baznas Diperluas

ANTARA
Pada masa ibadah Juli kurban 2021, Baznas menyediaan layanan kurban secara daring demi mengantisipasi pandemi covid-19.

 

PEMERINTAH meminta layanan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ditingkatkan agar semakin luas menjangkau masyarakat pemberi dan penerima zakat. 

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan, pemerintah berharap agar Baznas terus menciptakan dan melaksanakan program pengelolaan dana zakat, mulai dari perencanaan hingga pelaporan, yang didasarkan pada data nasional yang terstandardisasi dan terintegrasi, serta didukung oleh kemajuan teknologi digital. 

“Sehingga layanan Baznas semakin efektif, efisien, dan tepat sasaran,” kata Ma’ruf saat memberikan testimoni dalam Baznas Award 2022 yang digelar secara daring dan luring, Senin (17/1).

Ma’ruf menjelaskan, selama 21 tahun perjalanannya, Baznas telah memainkan peran yang strategis di bidang pengelolaan dana sosial syariah, sebagai bagian dari upaya kolaboratif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di dunia, dana filantropi syariah nasional memiliki potensi yang sangat besar,” ujarnya.

Menurut Ma’ruf, dana sosial syariah bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi berbagai permasalahan sosial-ekonomi nasional yang saat ini tengah dihadapi masyarakat Indonesia. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan antara lain upaya mengatasi permasalahan sosial akibat pandemi covid-19, permasalahan kemiskinan terutama kemiskinan esktrem, serta meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat, utamanya usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

“Untuk mewujudkan kemanfaatan tersebut, dibutuhkan tata kelola yang baik, yang tidak terlepas dari peran Baznas sebagai lembaga yang berwenang mengelola zakat dan dana sosial syariah nasional lainnya sesuai amanat undang-undang. Karena itu, saya berharap Baznas terus amanah dalam menjalankan tugas dan fungsinya,” tandas Wapres. (P-2)

Baca Juga

Ist

Nongshim Ajak Masyarakat Tak Sisakan Makanan Saat Makan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 15:02 WIB
Karena salah satu sampah organik itu berasal dari sisa makanan yang saat ini menjadi salah satu kekhawatiran dunia. dan turut memicu...
dok.ist

Konferensi Tahunan IHRS Kembali Dihelat Tahun Ini

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:30 WIB
SETELAH dua tahun tidak diselenggarakan akibat pandemi COVID-19, kini, Indonesia HR Summit (IHRS), sebuah konferensi tahunan mengenai...
Ist

Film 'Bias' Karya Hanung Bramantyo Tembus Lebih dari 1 Juta Views

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 14:17 WIB
IFG Life merilis sebuah serial film pendek berjudul Bias karya sineas kenamaan Hanung Bramantyo yang ditayangkan melalui platform...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya