Sabtu 15 Januari 2022, 06:50 WIB

Apa Upaya Pemerintah Antisipasi Meluasnya Omikron, Ini Jawaban Satgas

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Apa Upaya Pemerintah Antisipasi Meluasnya Omikron, Ini Jawaban Satgas

MI/Agus Mulyawan
Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito

 

PEMERINTAH Indonesia melakukan penyesuaian aturan mobilitas luar negeri guna mengantisipasi melonjaknya gelombang kasus omikron. Diantaranya dengan menggencarkan program Vaksinasi Covid-19 primer termasuk program booster.

Juru Bicara Nasional Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito, menyebut pemerintah juga melakukan kemitraan dengan platform telemedicine serta rumah sakit rujukan untuk meningkatkan aksesibilitas kasus positif dengan pelayanan kesehatan yang berkualitas seperti jasa konsultasi medis dan pengiriman obat gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah.

"Langkah ini ditempuh menyusul kenaikan kasus positif Covid-19 dalam 2 minggu terakhir di dunia secara signifikan. Bahkan kenaikan kasus harian mencapai 2,7 kasus pada 7 Januari 2022. Angka ini lebih tinggi dari rekor kenaikan kasus pada lonjakan sebelumnya yaitu 1 juta kasus dalam sehari," kata Prof Wiku dalam keterangannya Sabtu (15/1).

Dia menekankan kenaikan kasus positif juga terjadi di negara-negara tetangga Indonesia termasuk Jepang, Vietnam, Thailand, dan Singapura.

Apalagi kasus positif di Indonesia telah meningkat selama 2 minggu berturut-turut, yaitu dari 1.200 kasus menjadi 1.400 kasus dan pada minggu terakhir hampir mencapai 3.000 kasus atau naik lebih dari dua kali lipat dari minggu sebelumnya.

"Kenaikan kasus positif harian bahkan sempat melebihi 800 dalam sehari pada 11 Januari lalu. Sementara kemarin, pada 12 Januari, terdapat penambahan 600 kasus positif. Padahal sebelumnya penambahan kasus sudah berhasil ditekan pada kisaran 100-200 kasus positif/hari," ujarnya.

Sementara itu, kasus aktif juga mengalami kenaikan konsisten dalam seminggu terakhir hingga per 12 Januari mencapai hampir mencapai 7.000 kasus, setelah sebelumnya berhasil ditekan pada kisaran 4.000 kasus. (OL-13)

Baca Juga: Fajar Hasan: Sultra Perlu Kawasan Ekonomi Baru

Baca Juga

MI/RAMDANI

DKI Jakarta Jadi Medan Perang Pertama Lawan Omikron

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:58 WIB
"Pola penyebaran omikron mulainya di Jakarta dulu. Kalau saya lihat polanya bergeser ke Jawa Barat dan Banten kemudian ke Jawa Timur...
Ist/Hotel Sahid Jaya Solo

Rutin Tiap 3 Bulan, Hotel Sahid Jaya Solo Gelar Donor Darah 

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:53 WIB
Hotel Sahid Jaya Solo kembali menggelar aksi sosial berupa donor darah sebagai salah satu realisasi program Corporate Social Responcibility...
Antara/Mohamad Hamzah.

Hindari Empat Terlalu untuk Cegah Stunting

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 16:50 WIB
Dua telalu terkait dengan usia, hindari kelahiran pada ibu yang terlalu muda atau terlalu tua. Usia ideal ibu melahirkan pada rentang 21-35...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya