Minggu 26 Desember 2021, 11:05 WIB

Membangun Batu Lanteh dengan Konektivitas

mediaindonesia.com | Humaniora
Membangun Batu Lanteh dengan Konektivitas

Dok kemenkominfo

 

KECAMATAN Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, kini kian maju berkat konektivitas yang memadai. Aktivitas pergerakan ekonomi dan pelayanan masyarakat berjalan mudah berkat program percepatan konektivitas dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) di bumi Nusa ­Tenggara Barat (NTB).

“Ada beberapa fasilitas yang kini sudah ter­bangun berkat program BAKTI Kominfo,” ungkap Camat Batu Lanteh Widodo dalam program Melihat Indonesia di Metro TV.

Widodo menjelaskan, fasilitas yang dibangun dari BAKTI Kominfo meliputi koneksi internet di kantor kecamatan dan 5 kantor desa. Di antara­nya Desa Batudulang, Desa Tepal, Desa Batu Rontok, Desa Tangkam Pulit, dan Desa Bao.

Tidak hanya itu, di fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan fasilitas pendidikan pun sudah terkoneksi dengan internet. Sehingga pelayanan pada masyarakat juga bisa berjalan dengan lebih mudah.

“Selama pandemi (co­vid-19), internet sangat membantu. Apalagi saat koordinasi rapat dengan bupati atau instansi lainnya. Untuk kirim-kirim surat dengan desa sebelah juga bisa terbantu melalui aplikasi Whats­app,” ungkap Widodo.

Keberlangsungan pemerintahan di Kecamatan Batu Lanteh amat terbantu dengan adanya koneksi internet. Informasi seputar pasar dan kegiatan ekonomi masyarakat kini lebih cepat tersampaikan berkat jaringan internet.

“Dari segi ekonomi, internet bagaikan gerbang pintu masuk UMKM masyarakat untuk tumbuh dan berkembang. Sangat bermanfaat di Kecamatan Batu Lanteh,” jelas dia.

Seperti diberitakan, ­BAKTI Kominfo menargetkan membangun menara base transceiver station (BTS) di 7.904 desa di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T) hingga 2022. Program ini merupakan bukti komitmen pemerintah agar seluruh masyarakat dapat beradaptasi dengan transformasi digital.

Program ini juga bisa membantu para pelaku UMKM yang berada di wilayah 3T agar dapat memanfaatkan teknologi untuk mendorong Indonesia menjadi lebih maju.
Tak hanya sektor pendidikan, kesehatan, dan pemerintahan, nyatanya koneksi internet yang kini ada di Kecamatan Batu Lanteh bisa menghidupkan perekonomian lokal sekitar.

Seperti yang dialami Supriadi, seorang pelaku UMKM Sari Bunga, dan rekannya di Kecamatan Batu Lanteh. Kini, ia bisa memasarkan produk yang dihasilkan dari Batu Lanteh lebih luas lagi.

“Pemasaran kami sudah menggunakan sistem digitalisasi, hasil produk kami yang ada adalah madu hutan, minyak kemiri, dan produk lainnya. Pemerintah kini juga sudah mulai melakukan pembinaan dan membantu pemasaran produk UMKM,” kata dia.

Tak hanya itu, petani budi daya ikan air tawar di Kecamatan Batu Lanteh semakin maju berkat adanya koneksi internet. Para petani yang sebelumnya hanya memiliki sebuah kolam pemijahan yang digunakan secara bersama kini setiap anggota petani sudah memiliki kolam sendiri.

“Kami belajar semuanya menggunakan internet. Tekad kami dan keuletan pun mendukung hal tersebut,” tandas dia. (Gan/S2-25)

Baca Juga

Antara

14,3 Juta Lansia Rampung Divaksinasi

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:38 WIB
Jumlah itu setara 66,44 persen dari target 21.553.118...
Ist

Pengamat: Perlu Edukasi Masyarakat Guna Hadapi Narasi Intoleransi

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:35 WIB
Masyarakat juga harus dapat melek dan memilah informasi. Pasalnya, dewasa ini sudah menjadi tabiat yang melekat bahwa informasi sering...
Dok. Richnity Global Sejahtera

Jaga Tulang dan Sendi dengan Asupan Nutrisi dan Olahraga Teratur

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 21:25 WIB
Ketika seseorang memasuki usia 30 tahun, massa tulang bisa berkurang secara perlahan dan rentan mengalami tulang keropos (osteoporosis)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya