Minggu 05 Desember 2021, 11:05 WIB

Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Kota Jayapura

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Gempa 5,3 Magnitudo Guncang Kota Jayapura

BMKG
WASPADA BENCANA: Sebagian besar wilayah di Indonesia diminta untuk mewaspada potensi bencana hidrometeorologi dan gempa.

 

BENCANA alam seperti tak henti menerjang, wilayah Indonesia. Sempat dikejutkan dengan peristiwa erupsi Genung Semeru di Jawa Timur, pada Sabtu, (4/12) hari ini Minggu (5/12)  pukul 08.10 peristiwa gempa bumi berkekuatan 5,3 Magnitudo terjadi di Kota Jayapura, Papua. Guncangan akibat gempa dirasakan warga Kota Jayapura dalam beberapa detik. Namun sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat guncangan gempa tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura menginformasikan guncangan dirasakan sedang oleh warganya. Guncangan berlangsung sekitar 2 hingga 3 detik.

"Tidak ada laporan kepanikan warga akibat guncangan gempa pagi tadi. Laporan BPBD setempat, gempa juga tidak memicu terjadinya tsunami," kata Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam keterangannya Minggu (5/12).

Sementara itu, parameter gempa berada pada 87 km barat laut Jayapura dengan kedalaman 10 km. Berdasarkan analisis dengan skala Modified Mercalli Intensity (MMI), kekuatan guncangan di Jayapura pada II – III MMI dan Sentani II MMI. Sedangkan pada analisis inaRISK, Kota Jayapura memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. "Sebanyak 5 kecamatan yang berada pada potensi tersebut, antara lain Muara Tami, Abepura, Heram, Jayapura Selatan dan Jayapura Utara," sebutnya.

Menyikapi fenomena gempa tersebut, pihaknya berharap warga setempat tetap waspada dan siaga potensi bahaya yang ditimbulkan. "BNPB mengimbau warga untuk memiliki rencana kesiapsiagaan bencana, seperti mengidentifikasi kondisi bangunan tempat tinggal, rencana evakuasi menuju titik kumpul, kontak darurat atau pun tas siaga bencana," pungkasnya.(H-1)

Baca Juga

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka

Kiat Dukung Literasi Zakat, Uhamka Raih Penghargaan BAZNAS Award 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:58 WIB
Uhamka sebagai Perguruan Tinggi Islami terbaik di Indonesia mendapatkan Penganugrahan BAZNAS Awards 2022 dalam kategori Lembaga Pendidikan...
DOK Pribadi.

Perawatan Kulit kian Didamba, Oskincare Eksis hingga 11 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:15 WIB
Masalah tersebut bisa ditindaklanjuti dengan cara memberitahukan pada pihak Oskincare melalui Instagram @oskincare.official dan bisa...
MI/Susanto

Dosis Booster Sinovac Dipastikan Tingkatkan Antibodi Tanpa Reaksi Merugikan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 13:00 WIB
Peneliti lalu membandingan tingkat antibodi peserta dan menemukan peningkatan titer antibodi hingga 7,8 kali pada booster homolog dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya