Senin 29 November 2021, 20:24 WIB

Penuhi Imunisasi Dasar Lengkap Anak untuk Cegah Wabah Baru

M Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Penuhi Imunisasi Dasar Lengkap Anak untuk Cegah Wabah Baru

Antara/Irwansyah Putra.
Imunisasi pencegahan campak, difteri, dan tetanus kepada pelajar di SD Negeri 42 Lamteh, Banda Aceh, Aceh, Jumat (29/10/2021).

 

IKATAN Dokter Anak Indonesia (IDAI) mendapatkan laporan meningkatnya kasus penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dalam satu bulan terakhir salah satunya terkait dengan campak, rubella, dan sebagainya. Hal ini karena cakupan imunisasi PD3I yang menurun selama masa pandemi covid-19.

Ketua Umum IDAI Dr Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) mengatakan cakupan imunisasi tersebut menurun di bawah 60% saja bisa membuat penyakit-penyakit bermunculan kembali. Di sisi lain banyak tenaga kesehatan yang khawatir melakukan imunisasi Kejar atau imunisasi yang diberikan kepada anak yang terlambat melakukan imunisasi.

"Banyak sekali anak yang terlambat imunisasi dan datang ke puskesmas justru ditolak. Karenanya, perlu Program LITTLe Ku ini digulirkan. Di samping itu anak-anak sudah PTM tentu saja imunisasi jadi sangat penting dilakukan," kata Piprim dalam konferensi pers daring IDAI, Senin (29/11).

Tidak hanya imunisasi covid-19 tetapi juga imunisasi dasar dan lanjutan perlu tetap dilakukan agar membuat anak tetap terjaga imunitasnya. Program ini akan mendorong anak-anak mendapatkan imunisasi dasar lengkap.

Selain itu kegiatan yang akan dilakukan yakni pengumpulan data dasar terkait peningkatan kasus PD3I, cakupan imunisasi, dan sebagainya. "Selain itu IDAI akan mengeluarkan panduan Catch up Immunization bagaimana melakukan imunisasi kejar bagi anak-anak yang terlambat atau belum dilakukan imunisasi," ujarnya.

Baca juga: Prediksi Sebelum Munculnya Omicron, Gelombang ke-3 bisa Capai 400 Ribu Kasus

Saat ini sudah ada 13 vaksinasi yang disiapkan oleh pemerintah untuk anak ditambah dengan vaksinasi covid-19 dan imunisasi rutin harus lengkap. (OL-14)

Baca Juga

Antara

Kemkes Percepat Vaksinasi Booster di Jabodetabek Antisipasi Lonjakan Omikron

👤Ant 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:54 WIB
Menkes menuturkan sebagian besar atau lebih dari 90 persen transmisi lokal varian omikron akan terjadi di...
Antara

174 Bencana Melanda Indonesia Sepanjang 2022

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:10 WIB
Bencana terbanyak, yakni banjir dengan 90 kejadian, cuaca ekstrem dengan 55...
MI/ Lina Herlina

119,7 Juta Orang Telah Divaksinasi Lengkap

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Minggu 16 Januari 2022, 23:05 WIB
Indonesia menargetkan 208,2 juta penduduk menerima vaksin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya