Selasa 23 November 2021, 14:00 WIB

Menciptakan Sebuah Riset yang Bermanfaat Untuk Masyarakat Secara Luas

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Menciptakan Sebuah Riset yang Bermanfaat Untuk Masyarakat Secara Luas

MI/M. Iqbal Al Machmudi
Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) Prof Muhammad Aziz

 

BANYAK penelitian, riset, atau karya ilmiah yang dilakukan oleh perguruan tinggi dan mahasiswa tidak sebanding dengan manfaat yang dirasakan oleh masyarakat secara luas. Sehingga diperlukan grand design agar sebuah riset yang dilakukan oleh dosen, peneliti, atau mahasiswa mampu menghasilkan riset yang berperan banyak di masyarakat.

Ketua Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I4) Prof Muhammad Aziz mengatakan fungsi karya ilmiah atau riset minimal ada dua yaitu sebagai karya itu sendiri dan menjadikan pedoman ilmu pengetahuan. Tujuan utama dari riset adalah penciptaan ilmu pengetahuan dari situ yang diharapkan adanya peran riset terhadap peradaban, karena peradaban manusia itu terus meningkat.

Baca juga: BRIN Dukung Kesiapan Industri Kendaraan Listrik Berbasis Baterai

"Jika melakukan riset hanya untuk memenuhi syarat kelulusan itu sudah salah. Tapi kontribusi yang terbesar dari karya ilmiah/riset adalah comprehensive knowledge creation," kata Aziz dalam pelatihan Fellowship Jurnalisme Pendidikan Gerakan Wartawan Peduli Pendidikan (GWPP) secara daring, Selasa (23/11).

Bahkan di berbagai negara maju pun ribuan riset dari berbagai kampus nasibnya sama hanya beberapa persen yang bisa diaplikasikan secara langsung di masyarakat. Namun yang terpenting adalah comprehensive knowledge creation tersebut hidup atau tidak.

Aziz mengungkapkan biasanya riset yang bisa menghasilkan adalah yang memiliki grand design dari topik tertentu. Seperti contoh riset terkait produksi hidrogen sekaligus CO2 langsung terpisah, riset tersebut memiliki grand design dalam 3-5 tahun lagi sudah masuk basic risearch dan demonstration, kemudian bisa diaplikasikan.

"Saat ini permasalahan yang dihadapi adalah melakukan riset yang sangat kecil dan pengaruhnya kecil akhirnya hilang. Padahal Indonesia memiliki banyak topik yang memerlukan riset untuk dibahas,"

Sehingga tujuan utama dari melakukan riset dan inovasi adalah membuat pengetahuan yang komprehensif setelah itu muncul dampak yang sangat besar baik teknologi, sosial kultur, dan sebagainya. (H-3)

Baca Juga

Antara

Lintasarta Perluas Jangkauan Fiber Optik di 36 kota

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:25 WIB
Salah satu yang dibangun tahun ini ialah FO yang menghubungkan Salatiga –...
Christof STACHE / AFP

Indonesia Kedatangan 1,5 juta Vaksin Moderna dari AS

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:25 WIB
Sebelumnya, pemerintah Amerika Serikat telah beberapa kali memberi dukungan vaksin kepada...
Dok. Birro Per Sekreatriat Presiden

3.697 Warga Mengungsi Akibat Erupsi Gunung Semeru 

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 07 Desember 2021, 19:17 WIB
Warga yang mengungsi ini sebagian besar berada di wilayah Kabupaten Lumajang, sedangkan di Kabupaten Malang hanya terdapat 24...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya