Kamis 11 November 2021, 19:08 WIB

Eijkman: Varian Covid AY.4.2 Belum Ditemukan di Indonesia 

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Eijkman: Varian Covid AY.4.2 Belum Ditemukan di Indonesia 

AFp/Lizabeth Menzies
Morfologi Virus Korona

 

PENELITI Pusat Riset Biologi Molekuler (PRBM) Eijkman Amin Soebandrio mengungkapkan, sejauh ini belum ditemukan subvarian virus koron Delta AY.4.2 atau yang dikenal sebagai varian Delta Plus di Indonesia. Hal itu berdasarkan hasil penelitian Whole Genome Sequencing (WGS) virus SARS-COV-2 di Tanah Air. 

"Lebih dari 8.500 WGS (yang diteliti) belum ditemukan (varian Delta Plus)," ujarnya kepada Media Indonesia, Kamis (11/11). 

Varian Delta Plus sendiri telah terkonfirmasi ditemukan di negeri tetangga Malaysia. Setidaknya ada 2 kasus yang ditemukan di Negeri Jiran dan merupakan kasus impor yang dialami dua pelajar Malaysia yang pulang dari Inggris. 

Amin meminta pemerintah untuk terus memperketat pintu masuk ke Tanah Air dengan berbagai aturan yang sudah ada. Masyarakat pun harus mematuhi protokol kesehatan, di samping upaya akselerasi vaksinasi yang terus gencar dilakukan. 

Baca juga : Satgas Minta Pemda Antisipasi Penularan Covid-19 pada Libur Nataru 

"Konsisten melakukan skrining di semua pintu masuk internasional, sambil tetap melaksanakan prokes dan menggiatkan vaksinasi," imbuhnya. 

Adapun, subvarian virus korona merupakan hasil mutasi dari varian Delta yang semula merebak di Inggris. Varian Delta masuk dalam daftar variant of concern pada Mei 2021. 

Namun, pada Juli 2021 ditemukanlah subvarian Delta AY.4.2 atau Delta Plus dan jumlah infeksinya semakin mendominasi mengalahkan jumlah infeksi yang disebabkan varian Delta. 

Delta Plus juga ternyata menular lebih cepat dibanding varian Delta. Meski demikian, sejauh ini belum memiliki bukti menyebabkan infeksi atau kesakitan yang lebih parah dan vaksin yang ada saat ini pun dinilai masih efektif. (OL-7)

Baca Juga

MI/RAMDANI

Reza Rahadian Mengadvokasi Pentingnya Penguatan Kapasitas Masyarakat Menghadapi Bencana

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 06:00 WIB
Penguatan kapasitas masyarakat dalam menghadapi bencana memerlukan pembiayaan dari pemerintah dan lembaga pembangunan...
ANTARA

BMKG: Waspadai Dampak Bibit Siklon Tropis 92W di Laut Filipina

👤Widhoroso 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:51 WIB
BADAN Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari bibit siklon...
Dok. Long Rich Bioscience Indonesia

Resveratol Bantu Menjaga dan Maksimalkan Imun Tubuh

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 25 Mei 2022, 23:13 WIB
Resveratrol ditemukan dalam sejumlah makanan dan minuman, termasuk anggur, kacang tanah, kakao, anggur...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya