Kamis 11 November 2021, 19:00 WIB

Satgas Minta Pemda Antisipasi Penularan Covid-19 pada Libur Nataru 

Atalya Puspa | Humaniora
Satgas Minta Pemda Antisipasi Penularan Covid-19 pada Libur Nataru 

Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Penerapan aplikasi Pedulilindungi di tempat wisata

 

SATGAS Covid-19 meminta pemerintah daerah untuk bersiap menghadapi libur natal dan tahun baru. Hal itu dilakukan mengingat setelah periode libur panjang selalu diiringi dengan kenaikan kasus covid-19. 

"Saat ini beberapa kabupaten kota tengah mengalami kenaikan kasus saya harapkan daerah-daerah tersebut dapat sesegera mungkin memperbaiki kondisinya sebelum periode libur tiba sehingga menghindari penumpukan kasus yang signifikan," kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (11/11). 

Selain itu daerah-daerah yang belum mengalami kenaikan kasus harus mengambil langkah antisipatif untuk mempertahankan kondisinya terutama saat periode liburan panjang. 

Wiku melanjutkan, potensi kenaikan kasus covid-19 adalah tantangan bagi semua pihak. Berkaca dari pengalaman, Indonesia belum pernah berhasil melewati periode libur panjang tanpa kenaikan kasus, maka dari itu seluruh elemen masyarakat harus bekerja ekstra keras dan berkolaborasi untuk mencegah kejadian serupa. 

"Peran pemerintah dalam hal ini adalah untuk membentuk kebijakan yang efektif dan tepat sasaran berlandaskan data serta situasi di lapangan selanjutnya kebijakan tersebut harus ditindaklanjuti dengan implementasi yang lebih baik dari sebelumnya," beber dia. 

Selain itu, mengingat pada periode liburan tempat tujuan wisata dan fasilitas publik biasanya mengalami peningkatan jumlah pengunjung, Satgas harapkan kepada seluruh penyelenggara untuk membentuk satgas protokol kesehatan di tempat fasilitasnya masing-masing. 

Baca juga : Kota Pertama Masuk PPKM Level 1, Luhut Puji Blitar 

"Hal itu mengawasi aktivitas pengunjung selama masa liburan dan menegakkan protokol kesehatan pengunjung seluruh fasilitas umum juga diwajibkan untuk menjadikan pedulilindungi sebagai prasyarat untuk masuk ke area nya sebagai platform skrining pengunjung," beber dia. 

Apabila ada pengunjung yang menolak untuk menggunakan aplikasi tersebut, lanjut Wiku, petugas wajib untuk menolak pengunjung masuk ke dalam areanya. Pengunjung juga diharapkan untuk pro aktif mengawasi penggunaan aplikasi pedulilindungi di area yang dikunjunginya. 

Di lain pihak masyarakat juga harus mengambil peran aktif dalam mematuhi peraturan yang telah ditetapkan. 

"Setiap langkah kecil sesederhana memakai masker saja akan sangat signifikan hasilnya. Saya mengajak masing-masing individu untuk menjadi inspirasi bagi orang-orang di sekitarnya dalam menegakkan protokol kesehatan sehingga mempercepat terciptanya kepatuhan kolektif yang kita cita-citakan selama ini," jabar Wiku. 

Terakhir, ia berharap agar seluruh lapisan masyarakat menghindari sikap antipati terhadap kebijakan dan menyadari bahwa kebijakan yang dikeluarkan pemerintah. Hal itu merupakan bentuk perlindungan bagi masyarakat meskipun liburan panjang akan menjadi tantangan besar bagi Indonesia. 

"Satgas Tetap optimis bangsa ini dapat melaluinya apabila kita semua bersikap bijaksana dan disiplin dalam menjalankan peran kita masing-masing," pungkas Wiku. (OL-7)

Baca Juga

Kemenkes

Apa Arti Status Probable, Confirmed dan Epi-Linked pada Kasus Hepatitis Akut?

👤Zubaedah Hanum 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:45 WIB
JURU Bicara Kementerian Kesehatan RI dr Mohammad Syahril, SpP, MPH menjelaskan sejumlah definisi kasus pada penyakit hepatitis. Mulai dari...
ANTARA

Jelang Iduladha, Kementan Gencar Putus Virus PMK Hewan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 15:00 WIB
Badan Karantina Pertanian besama jajaran Polri melakukan pengecekan terhadap semua hewan baik yang datang dari Pulau Sumatera maupun yang...
Ist

Kemendagri Dorong Pemda Manfaatkan Retribusi Persampahan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 14:48 WIB
Kemendagri berkomitmen mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar memanfaatkan retribusi persampahan atau kebersihan dalam pengelolaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya