Selasa 26 Oktober 2021, 14:36 WIB

BMKG Laporkan Ada 15 Titik Panas di Pulau Timor dan Alor

Mediaindonesia.com | Humaniora
BMKG Laporkan Ada 15 Titik Panas di Pulau Timor dan Alor

MI/Dwi Apriani
Ilustrasi

 

Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 15 titik panas (hot spot) kembali muncul di Nusa Tenggara Timur yang tersebar di Pulau Timor dan Pulau Alor.

"Sebaran titik panas tersebut masih terdeteksi muncul hingga update terakhir pada Selasa (26/10) hari ini, pukul 12.00 WITA," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi di Kupang, Selasa (26/10).

Ia menyebutkan ke-15 titik panas tersebut tersebar di Kecamatan Alor Timur, Kabupaten Alor, Pulau Alor sebanyak tiga titik, dan sisanya di Pulau Timor yaitu dua titik di Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu.

Selain itu di Kabupaten Kupang yaitu Amarasi Barat dan Amarasi Selatan masing-masing satu titik dan Amarasi Timur dua titik, Kabupaten Timor Tengah Selatan yaitu Amanatun Utara satu titik, Amanatun Tengah satu titik, Molo Utara dua titik serta Kabupaten Timor Tengah Utara yaitu Miomaffo Timur dan Pembantu Insana masing-masing satu titik.

Agung menjelaskan sebaran titik panas tersebut terdeteksi berdasarkan hasil pantauan Satelit Terra, Aqua, Suomi NPP dan NOAA20 oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Satelit akan mendeteksi anomali suhu panas dalam luasan 1 km persegi dan pada suatu lokasi di permukaan bumi akan diobservasi 2-4 kali per hari.

Citra satelit tersebut hanya menilai anomali reflektivitas dan suhu sekitar yang diinterpretasikan sebagai titik panas. "Penyebab adanya anomali tersebut tidak dapat kami pastikan," katanya.

Agung menambahkan namun pada wilayah yang tertutup awan maka titik panas tidak dapat terdeteksi.

Kondisi kekeringan dan embusan angin yg kencang juga menjadi penyebab tidak langsung dalam sebaran suatu titik panas tersebut, katanya. (Ant/OL-12)

Baca Juga

freepik

Ini Cara Menjaga Bayi dan Anak dari Iritasi Kulit

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 12:41 WIB
Permasalahan kulit yang rentan dialami bayi dan anak adalah ruam popok, luka karena gesekan, iritasi dari penggunaan plester, hingga...
ANTARA/Iggoy el Fitra

BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Wilayah Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 27 November 2021, 11:12 WIB
Kecepatan angin tertinggi terpantau di perairan barat Lampung, Selat Sunda, perairan Banten - Jawa Barat, Laut Jawa bagian...
Pexels

Ini Tugas dan Fungsi HRD di Perusahaan

👤Febby Saraswati 🕔Sabtu 27 November 2021, 11:00 WIB
Seorang HRD harus mampu melindungi perusahaan dari berbagai masalah yang bisa saja muncul pada nagkatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya