Senin 25 Oktober 2021, 20:36 WIB

Menteri LHK: RI Tagih Komitmen Global untuk Pemenuhan Target NDC

Atalya Puspa | Humaniora
Menteri LHK: RI Tagih Komitmen Global untuk Pemenuhan Target NDC

Antara
Menteri LHK Siti Nurbaya saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI.

 

SALAH satu agenda paling krusial dalam COP-26 ialah pembahasan aturan teknis implemetasi Article 6 of the Paris Agreement. Berikut, operasionalisasi kerja sama internasional untuk pemenuhan NDC melalui mekanisme pasar dan non-pasar. 

Adapun, agenda tersebut merupakan salah agenda yang belum tuntas dibahas sejak COP-24 di Katowice. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyebut negosiasi agenda itu penting bagi Indonesia.

Baca juga: Jokowi Sampaikan Komitmen RI Hadapi Darurat Energi dan Iklim

Indonesia dikatakannya sudah sangat siap dengan semua infrastruktur pendukung kebijakan. "Indonesia telah mempersiapkan infrastruktur regulasi di dalam negeri. Seperti, peraturan presiden mengenai nilai ekonomi karbon," ujar Siti dalam keterangan resmi, Senin (25/10).

"Selain itu, Menteri Keuangan juga telah menetapkan pajak karbon sebagai bagian penguatan regulasi. Serta, mempersiapkan implikasinya pada sektor perdagangan internasional," imbuhnya.

Dalam dokumen NDC, Indonesia menetapkan target pengurangan emisi gas rumah kaca di Indonesia, yakni 29% tanpa syarat dengan usaha sendiri. Lalu, 41% bersyarat dengan dukungan internasional yang memadai pada 2030.

Baca juga: BNPB: Ada 53 Kejadian Angin Kencang Sepanjang Oktober

Sebagaimana agenda COP sebelumnya, delegasi Indonesia terdiri dari unsur pemerintah dan non-party stakeholders (NPS). Kepada delegasi Indonesia di COP-26, Siti berpesan agar menunjukkan kepada komunitas internasional bahwa Indonesia sangat serius dalam pengendalian perubahan iklim yang terencana dan solid.

"Indonesia cukup bangga implementasi kebijakan leading by example, selain ditunjukkan kerja pemerintah, juga diperlihatkan non-state actors. Kiranya Indonesia bangga bahwa sesi di Paviliun Indonesia, yang juga merupakan representasi dari non-state actors," pungkas Siti.(OL-11)


 

Baca Juga

Instagram @nadiemmakarim

Nadiem Sebut Kolaborasi Orangtua Kunci Sukses Mengasuh Anak

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 30 November 2021, 11:40 WIB
Nadiem menyebut 1.000 hari pertama kehidupan anak adalah masa yang paling krusial dalam perkembangan karakter dan kecerdasan...
Dok/BMKG

Keterlibatan Generasi Muda Dalam Pengendalian Iklim Perlu Ditingkatkan

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 30 November 2021, 11:36 WIB
Saat ini Indonesia diproyeksi menjadi salah satu negara yang akan terlebih dahulu mengalami dampak perubahan iklim di masa depan...
dok.MPR

Upaya Mitigasi Penyebaran Varian Baru Covid-19 Harus Konsisten

👤Muhamad Fauzi 🕔Selasa 30 November 2021, 11:21 WIB
MITIGASI yang tepat untuk menangkal varian B.1.1.529 atau Omicron harus segera dilakukan agar varian baru virus korona dari Afrika itu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya