Senin 25 Oktober 2021, 13:56 WIB

Ini Upaya Kominfo Berantas Hoaks di Tengah Pandemi

M. Iqbal Al Machmudi | Humaniora
Ini Upaya Kominfo Berantas Hoaks di Tengah Pandemi

Ilustrasi
Hoaks

 

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus mencoba melawan hoaks atau berita bohong yang terjadi di tengah pandemi melalui 3 sisi yakni hulu, tengah, dan hilir. Dari hulu Kominfo melakukan yang busa disebut literasi digital melalui edukasi kepada masyarakat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo Usman Kansong mengatakan literasi digital ini dibagi menjadi 2 bidang yang pertama bersifatnya lebih umum di mana masyarakat dibekali literasi agar memiliki culture, etika, safety, dan digital skill.

"Artinya kita ingin Indonesia tidak hanya pandai memainkan tombol di ponsel tapi juga memiliki budaya bermedia sosial dan juga mendidik melalui etika, kemudian safety skill yang aman dari segi hukum yang tidak muncul tuntutan hukum," kata Usman dalam fellowship GWP, Senin (25/10).

Baca juga : Kominfo Pastikan Layanan Online KPAI Tetap Berjalan Lancar dan Aman

Diketahui dari total 170 juta masyarakat yang aktif di media sosial sebanyak 168,5 juta orang atau 99,1% yang mengaksesnya melalui ponsel. Aplikasi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat yakni YouTube sebanyak 93,8%, WhatsApp 87,7%, dan Instagram 86,6%.

Kemudian dari sisi tengah memiliki 3 instrumen untuk menjaring konten yang negatif di dunia digital. Pertama, Artifisial Intelijen untuk mengais konten negatif, kemudian tim 24 jam memantau konten negatif, dan menerima laporan masyarakat untuk melaporkan pada Kominfo.

"Kemudian di hilir kami juga melakukan kontra narasi, takedown konten negatif bekerja sama dengan platform youtube dan facebook. Selain itu bekerja sama dengan polisi yang memeriksanya sebagai tersangka," ujarnya.

Adapun realitas arus informasi di tengah masyarakat yang terjadi yakni antara media sosial dengan media konvensional. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok. Biro Pers Sekreatraiat Presiden

Peringatan Hari Disabilitas Internasional Jadi Momen Penghormatan Bagi Penyandang Disabilitas 

👤Mohammad Farhan Zhuhri 🕔Kamis 02 Desember 2021, 22:18 WIB
Dengan adanya rangakaian acara HDI ini, penting melibatkan anak muda penyandang disabilitas untuk bisa tampil percaya diri, menjadi...
MI/M Iqbal Al Machmudi

Bahan Herbal untuk Kosmetik Mulai Dilirik Masyarakat

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:47 WIB
Sejak berdiri, Martha Tilaar Group telah melihat potensi dari tumbuhan alam Indonesia yang kemudian digunakan sebagai bahan dasar untuk...
Antara/Fransisco Carolio

P2G Sebut Rencana Penyerdahanaan Kurikulum Tahun Depan Belum Mendesak 

👤Faustinus Nua 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:17 WIB
Dia menjelaskan, sebenarnya pergantian Kurikulum 2013 sudah dilakukan oleh Kemdikbud-Ristek per Juli 2021 di 2.500 sekolah seluruh...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya