Senin 18 Oktober 2021, 18:59 WIB

Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Bioskop

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Anak Usia di Bawah 12 Tahun Boleh Masuk Bioskop

Antara
Ilustrasi warga mengantre untuk membeli tiket film di bioskop.

 

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan bahwa anak berusia di bawah 12 tahun boleh masuk ke bioskop selama perpanjangan PPKM ke depan. 

Kebijakan itu seiring dengan penurunan kasus covid-19 di Tanah Air. Adapun kapasitas maksimal penonton bioskop untuk wilayah dengan PPKM level 2 dan level 1 dinaikkan menjadi 70%. 

Sebelumnya, bioskop diizinkan beroperasi dengan kapasitas penonton maksimum 50%. "Untuk anak-anak, diperkenankan masuk bioskop di kota dengan level 1 dan level 2," ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (18/10).

Baca juga: Luhut Yakin Indonesia Masuk ke Endemi Covid-19 Jika Libur Nataru Terkendali

Lalu, tempat bermain anak di mal atau pusat perbelanjaan juga boleh dibuka untuk wilayah dengan PPKM level 2. Pihaknya menegaskan bahwa pemerintah memberikan syarat agar pengelola tempat bermain anak untuk mencatat nomor telepon dan alamat orang tua.

"Serta waktu anak bermain untuk kebutuhan tracing," imbuh Luhut.

Selain itu, anak-anak berumur di bawah 12 tahun juga diizinkan masuk ke tempat wisata di wilayah PPKM level 2. Dalam hal ini, mereka harus menggunakan aplikasi PeduliLindungi, dengan pendampingan orang tua.

Baca juga: Buku Statistik JKN, Upaya Peningkatan Akses Kesehatan Masyarakat

Uji coba tempat wisata di wilayah PPKM level 3, kata Luhut, akan ditambah sesuai dengan izin Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Begitu juga dengan wisata air, yang diizinkan beroperasi di wilayah PPKM dengan level 2 dan level 1.

"PeduliLindungi menjadi alat kita untuk menahan peningkatan kasus di tengah pelonggaran aktivitas dan mobilitas masyarakat," pungkasnya.

Hingga saat ini, aplikasi Peduli Lindungi sudah digunakan lebih dari 100 juta kali di berbagai area publik. Itu dengan rata-rata penggunaan hampir 3 juta per hari.(OL-11)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Tangani Korban Erupsi Gunung Semeru, PMI Kirim Bantuan dan Personel

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 05 Desember 2021, 13:04 WIB
PMI juga mengerahkan relawan untuk melakukan kaji cepat (assesment) kebutuhan serta evakuasi masyarakat...
Pexels

Ahli Gizi Sarankan Tambah Protein untuk Camilan Harian

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 05 Desember 2021, 12:45 WIB
"Jadi sel-sel yang sudah terbentuk lama-lama menua, butuh dikasih protein supaya tetap disintesis, kepadatannya tetap ada, karena...
ANTARA/Iggoy el Fitra.

BMKG: Waspadai Gelombang Tinggi 6 Meter di Perairan Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 11:30 WIB
Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Barat - Utara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 30...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya