Minggu 10 Oktober 2021, 10:06 WIB

Masyarakat Diingatkan Munculnya Gelombang Ketiga Covid-19 Akhir 2021

Atalya Puspa | Humaniora
Masyarakat Diingatkan Munculnya Gelombang Ketiga Covid-19 Akhir 2021

Antara
ilustrasi: mencegah penyebaran Covid-19

 

KEPALA Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan, kepada masyarakat agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga penularan covid-19 di Tanah Air. Dimana menurut para ahli dapat terjadi di akhir tahun 2021.

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember 2021,” kata Ganip dalam keterangan resmi, Minggu (10/10).

Ia menyatakan, akhir tahun atau bulan Desember bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan pergantian tahun. Dua momentum ini, menurut Ganip, berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan.

Di samping itu, akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mana hal itu juga mempengaruhi daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan covid-19,” pesan Ganip.

Namun demikian, Ganip optimis bahwa peningkatan kasus di akhir tahun dapat dicegah dan dikendalikan sehingga tidak terjadi.

Ganip menjelaskan bahwa kunci pencegahan dan mitigasi penularan covid-19 sudah diketahui, yakni dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi. Di sisi lain, pola penanganannya juga sudah ditemukan.

Dua dasar tersebut bagi Ganip merupakan hal yang harus senantiasa dilaksanakan demi mencegah terjadinya ledakan kasus di akhir tahun, sebagaimana menurut prediksi para ahli.

“Tapi saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga,” harap Ganip.

"Perkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment nya, kemudian perkuat vaksinasinya. Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan covid-19 ini,” tandasnya. (OL-13)

Baca Juga: Gedongsongo, Peradapan Nusantara Di Abad 7-9 Masehi

Baca Juga

DOK @limofficial_lirboyo di Instagram.

Asmaul Husna: Al-Malik Yang Merajai Miliki Segala yang Wujud

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:48 WIB
Di muka Bumi terdapat banyak raja. Namun mereka semua di bawah kekuasaan satu adiraja raja tertinggi ialah Allah subhanahu wa ta'ala....
Antara

Presiden Apresiasi Pelaksanaan Jambore Nasional XI 2022

👤Indriyani Astuti 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 14:25 WIB
Ada beragam kegiatan Jambore Nasional XI yang digelar pertama kali saat pandemi covid-19. Seperti, panjat tebing, mengurangi sampah...
Ist/UMT

2.000 Peserta Gowes Padati Kota Tangerang dalam Milad ke-13 UMT

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 13:52 WIB
Ribuan warga dari berbagai daerah di Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang, antusias mengikuti kegiatan Milad ke-13...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya