Sabtu 09 Oktober 2021, 13:00 WIB

Tim Gabungan Padamkan 5 Hektare Lahan Terbakar di Riau

Atalya Puspa | Humaniora
Tim Gabungan Padamkan 5 Hektare Lahan Terbakar di Riau

ANTARA FOTO/ Lettu Pnb Tommy Yulianto
Kebakaran lahan di Rau

 

TIM gabungan yang terdiri dari Satuan Tugas Penanggulangan Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Satgas PB BPBD) Kabupaten Indragiri Hulu, TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api (MPA), Regdam PT SBL, Kesatuan Pengelolaan Hutan Indragiri, Satpol PP dan masyarakat setempat berhasil memadamkan kebakaran 5 hektare lahan di Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Jumat (8/10).

Plt Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari menjelaskan jenis lahan yang terbakar adalah jenis gambut yang terdapat semak belukar dan rumput ilalang sehingga tim gabungan melakukan pemadaman dan pendinginan agar api tidak meluas.

Adapun, penyebab kebakaran yang terjadi Desa Rawa Asri Jalur III, Kecamatan Kuala Cenaku pada Rabu (6/10), pukul 13.00, tersebut masih dalam penyelidikan pihak berwajib.

"Pusat Pengendalian Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) mencatat tidak ada kerugian akibat peristiwa ini," kata Abdul dalam keterangan resmi, Sabtu (9/10).

Baca juga:  Tim Reaksi Cepat Berhasil Padamkan Kebakaran Lahan di Kampar

Ia mengungkapkan, berdasarkan kajian inaRISK, Provinsi Riau, khususnya Kabupaten Indragiri Hulu, memiliki potensi bahaya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dengan tingkat sedang hingga tinggi yang berdampak pada 14 kecamatan.

"BNPB mengimbau masyarakat yang tinggal di daerah dengan potensi karhutla untuk dapat meningkatkan kewaspadaan dengan melakukan koordinasi dan pemantauan lokasi rawan karhutla bersama perangkat daerah setempat serta penjagaan terhadap potensi pembakaran ilegal," pungkas Abdul.(OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Santri Dibekali Kemampuan dan Pengetahuan Digital

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 06 Desember 2021, 01:32 WIB
Menurutnya, inklusi keuangan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat seperti yang dicita-citakan di Perpres No. 114 tahun 2020 tentang...
Antara

Menkominfo Ingatkan Jangan Abai Terapkan Prokes

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:53 WIB
Tingkat kepatuhan protokol kesehatan mengalami penurunan, terutama menjaga jarak dan menghindari...
AFP

Kemenkes Pastikan Bantuan Logistik Penanganan Erupsi Semeru Terus Berjalan

👤Ant 🕔Minggu 05 Desember 2021, 23:48 WIB
Untuk fasilitas kesehatan, Kemenkes telah menyiapkan empat pos...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya