Jumat 01 Oktober 2021, 21:28 WIB

SKM Aman Dikonsumsi Asal Sesuai Kebutuhan Gizi dan Higienis

Widhoroso | Humaniora
SKM Aman Dikonsumsi Asal Sesuai Kebutuhan Gizi dan Higienis

DOK MI
Ilustrasi

 

PERUBAHAN pola konsumsi masyarakat saat ini makin marak terjadi. Tidak terkecuali pangan olahan yang dibekukan sampai produk-produk olahan susu seperti susu kental manis (SKM).

Banyak pemahaman yang asumtif dan bahkan kadang menyesatkan seperti persepsi bahwa makanan beku tidak sehat, dan menurun kadar gizinya.  Bahkan ada yang sampai missleading bahwa produk olahan susu yaitu SKM tidak boleh diseduh air hangat.

Pakar gizi Rumah Sakit Medistra, dr. Cindiawati J Pudjiadi MARS, MS, SpGK menyatakan pangan olahan tetap aman dikonsumsi bila sesuai kebutuhan gizi dan proses produksinya higienis. Dia menekankan, saat ini olahan siap santap menjadi pilihan dalam memenuhi asupan nutrisi harian. Misalnya, produk olahan dengan kemasan vakum memiliki daya tahan yang lebih baik apalagi bila dibekukan setelahnya.

"Produk olahan pangan baik yang beku maupun kemasan vakum tetap aman dikonsumsi selama konsumen cermat memilih produsen yang memastikan proses produksi higienis dan aman. Lebih baik lagi, bila ada izin BPOM atau registrasi produk industri rumah tangga (P-IRT)", jelas Cindy, dalam keterangan yang diterima, Jumat (1/10).

Terkait polemik susu kental manis, alumnus spesialis gizi klinik Universitas Indonesia ini menjelaskan, sebagian besar produk susu dan olahannya dapat mengikuti saran penyajian baik itu dilarutkan dengan air hangat maupun dipakai sebagai pelengkap campuran makanan/minuman seperti teh atau kopi.

"Terkait boleh tidaknya diseduh, rasanya bukan masalah. Apalagi hampir semua produk susu memiliki saran penyajian dilarutkan dengan air hangat. Masyarakat perlu tahu berapa kebutuhan nutrisi yang diperlukan dan tidak mengkonsumsi secara berlebihan", ucapnya. (RO/OL-15)

Baca Juga

Medcom

Yuk Ketahui Apa yang Dimaksud dengan  Marketing Credit Executive

👤Febby Saraswati 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:45 WIB
Marketing Executive adalah seorang yang bertanggung jawab dalam nilai suatu produk atau perusahaan pada...
 MIANDRI WIDIYANTO

Vaksinasi Rabies Tekan Risiko Kematian 'Anak Bulu'

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 06:00 WIB
Hewan peliharaan yang terinfeksi rabies dapat menularkan virus itu kepada pemiliknya lewat gigitan yang membuat...
MI/Dok Kristana Parinters Makur

Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di Kalimantan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 27 November 2021, 04:30 WIB
Orangutan Jantan Terekam Makan Kukang di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya