Sabtu 04 September 2021, 06:29 WIB

Ini Rumus Luas Lingkaran, Cara Menghitung dan Contoh Soalnya 

Febby Saraswati | Humaniora
Ini Rumus Luas Lingkaran, Cara Menghitung dan Contoh Soalnya 

Ist
Lingkaran

 

SAAT berhubungan dengan matematika, siapa yang tidak tahu bangun datar? Menghitung bangun datar sering kali kita lakukan di bangku sekolah. Salah satu dari bangun datar yaitu lingkaran yang memiliki rumus untuk menghitung luas.

Dalam menentukan luas lingkaran, kamu perlu mengingat nilai konstanta phi. Nilai phi dengan 20 desimal adalah 3,14159265358979323846, namun pada umumnya, nilai phi yang digunakan hanya dua desimal saja, yaitu 3,14. Selain itu, nilai phi juga dapat dituliskan dalam bentuk pecahan, yaitu 22/7.

Baca juga: Pertahankan Minat Belajar Siswa Lewat Cara Mengajar yang Menyenangkan

Berikut adalah rumus luas lingkaran yang dihitung dengan menggunakan jari-jari, diameter, keliling, hingga luas lingkaran.

1. Jari-jari lingkaran

Apabila panjang jari-jari lingkaran diketahui dalam soal, maka luas lingkaran dapat ditentukan dengan rumus L= phi x r². Kuadratkan panjang jari-jari, kemudian kalikan dengan konstanta phi. 

Misalkan panjang jari-jari lingkaran adalah 8 cm, maka luas lingkaran tersebut adalah L= phi (8)²= 64 phi, atau 200,96 cm2. 

2. Diameter lingkaran

Terkadang, ada beberapa soal yang tidak memuat informasi panjang jari-jari, tetapi hanya memuat informasi tentang panjang diameter (d). 

Penting untuk diketahui, bahwa diameter lingkaran adalah dua kali jari-jari lingkaran. Maka, dapat diperoleh rumus d = 2r <=> r = 1/2d

Substitusikan r = 1/2d ke dalam rumus luas lingkaran sehingga dapat diperoleh  L= phi r² = phi (1/2d)² = 1/4phi d²

Dengan demikian, luas lingkaran dapat dihitung dengan menggunakan panjang diameter (d) yang rumusnya adalah L=1/4 phi d²

3. Keliling Lingkaran

Untuk menghitung luas lingkaran dari keliling lingkaran, kamu harus menentukan panjang jari-jari lingkaran terlebih dahulu. Panjang jari-jari lingkaran dapat ditentukan dari rumus keliling lingkaran K = phi x d = 2 x phi x r sehingga r = K/2 xphi

Setelah itu, gunakan rumus luas lingkaran untuk menentukan luas lingkaran.

4. Luas Juring

Dalam soal-soal tertentu, luas lingkaran juga dapat ditentukan dari luas juring lingkaran. Juring merupakan bagian lingkaran yang dibatasi oleh dua jari-jari dan sebuah busur lingkaran. 

Juring ini berbentuk seperti potongan pizza dan memuat sebuah sudut pusat yang titik sudutnya adalah titik pusat lingkaran.

Besar sudut ini dapat diukur menggunakan busur derajat, yang dalam satu putaran penuh terdapat sudut pusat 360 derajat. Dengan perbandingan besar sudut pusat pada juring dan sudut satu putaran penuh, maka kamu dapat menentukan luas lingkaran.

Jika luas juring dan besar sudut pusatnya diketahui, maka kamu bisa menggunakan rumus berikut untuk menghitung luas lingkaran Luas juring = alpha/ 3600 x L, dengan alpha adalah besar sudut pusat juring dalam satuan derajat.

Cara di atas adalah rumus-rumus mudah dalam menghitung luas lingkaran, semoga dapat membantu ya. (OL-1)

Baca Juga

ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Presien Minta BMKG Identifikasi Ancaman dan Dampak Perubahan Iklim secara Menyeluruh

👤Andhika Prasetyo 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:45 WIB
Presiden Joko Widodo memerintahkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) untuk mengidentifikasi risiko perubahan iklim dan...
ANTARA/Fikri Yusuf

Terluas dan Terbesar di Dunia, Saatnya Konservasi Ekosistem Karbon Biru Indonesia Masuk NDC

👤Arnoldus Dae 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:30 WIB
Luas padang lamun di Indonesia termasuk terluas di dunia hingga 293.465-875.957 Ha, dan mampu menyerap karbon hingga 119,5 ton karbon per...
ANTARA/ Andreas Fitri Atnoko

Dikti-Ristek: Peringkat Global Bukan Tujuan Perguruan Tinggi

👤 Faustinus Nua 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:55 WIB
Tugas dan mandat utama PT di Tanah Air adalah mencerdaskan kehidupan bangsa serta membangun daya saing bangsa. Hal itu bisa tercapai bila...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya