Selasa 10 Agustus 2021, 08:48 WIB

Doa Presiden Jokowi di Momen Tahun Baru Islam

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Doa Presiden Jokowi di Momen Tahun Baru Islam

Instagram @jokowi
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo memberi ucapan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah kepada umat Islam di Tanah Air yang jatuh pada hari ini, Selasa (10/8). Presiden mengajak umat Islam mengisi perayaan 1 Muharram dengan menguatkan ikhtiar, keyakinan, dan doa untuk bangsa Indonesia dalam menghadapi pandemi covid-19.

"Mari kita masuki tahun baru dengan penuh harapan, dengan doa, dan keyakinan. Semoga Allah SWT senantiasa memberkahi dan melindungi bangsa Indonesia, serta menjauhkan kita dari berbagai wabah dan marabahaya," kata Jokowi melalui akun Instagram-nya, Selasa (10/8).

Tahun Baru Islam kali ini diharapkan juga menjadi momentum menguatkan optimisme. Presiden berpesan disiplin protokol kesehatan harus terus dilakukan semua.

Baca juga: Presiden: Menaati Protokol Kesehatan Adalah Bentuk Hijrah Masa Kini    

Presiden mengajak umat Islam di Tanah Air untuk senantiasa menjalankan protokol kesehatan sebagai ikhtiar melawan pandemi. Kepala Negara berpesan agar protokol kesehatan menjadi laku keseharian baflgi umat.

"Kepatuhan umat menjalankan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, dan membatasi mobilitas mencerminkan semangat hijrah dalam perilaku keseharian kita," tuturnya.

Pada peringatan malam 1 Muharram serta istigasah bersama para ulama, Senin (9/8) malam, Presiden mengatakan pandemi covid-19, yang masih terjadi di Indonesia, telah menyebabkan adanya penyesuaian termasuk aktivitas keagamaan.

Presiden menyampaikan penyesuaian tersebut juga merupakan bentuk ikhtiar untuk perubahan yang lebih baik dan contoh hijrah yang diamanahkan Nabi Muhammad SAW.

"Itu adalah ikhtiar kebaikan. Itu salah satu contoh dari hijrah yang diamanahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Kesadaran untuk menjadi lebih baik, kesadaran untuk rela berkorban demi hal-hal yang lebih besar, kesadaran untuk membangun budaya hidup baru yang lebih bermanfaat dan produktif,” ujar Presiden.

Presiden berharap momen tahun baru 1 Muharam 1443 Hijriah, yang juga bertepatan dengan bulan kemerdekaan, dapat dimanfaatkan untuk melipatgandakan ikhtiar baik lahiriah maupun batiniah dalam melawan pandemi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Negara juga mengajak seluruh umat Islam terus meneguhkan ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniah, dan ukhuwah basyariah.

Presiden turut mengajak masyarakat meningkatkan sikap moderasi beragama, toleransi, inklusivitas, dan ta'awun atau tolong menolong antarsesama umat muslim.

"Sebarkan nilai-nilai Islam rahmatan lil alamin. Teladani akhlak nabi dengan mengajarkan kebersamaan dan toleransi serta menghindari syiar kebencian," ucapnya. (OL-1)

Baca Juga

MI/Adi Kristiasi

Puncak Peringatan Hari Lansia 2022 Digelar di Tasikmalaya

👤Adi Kristiadi 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:15 WIB
PERINGATAN Hari Lanjut Usia (HLUN) tahun 2022 siap digelar hari ini, Minggu (29/5), di Tasikmalaya dihadiri Menteri Sosial Tri...
dok.ist

Harlah ke-51, Hikmahbudhi Ajak Kader Tingkatkan Kontribusi ke Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 29 Mei 2022, 07:10 WIB
PANCASILA yang merupakan dasar negara, menurut dia harus terus dibumikan dan merupakan sesuatu yang sudah final serta tidak bisa diganggu...
Fanny Laurensia

Kegigihan sang Juara Debat

👤Nike Amalia Sari 🕔Minggu 29 Mei 2022, 06:20 WIB
DEBAT menjadi ajang pertukaran pendapat mengenai suatu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya