Rabu 04 Agustus 2021, 12:10 WIB

Lima Kemampuan Dasar yang Anak Harus Pelajari Sejak Dini

mediaindonesia.com | Humaniora
Lima Kemampuan Dasar yang Anak Harus Pelajari Sejak Dini

Sumber foto cover: https://unsplash.com/photos/CYlPykF-qAM
Jika seorang anak menguasai satu bahasa asing, mereka akan lebih cepat dan mudah memahami bahasa asing lainnya lagi.

 

ANAK-anak jauh lebih cepat dan pintar dalam meresap pelajaran baru dibandingkan orang dewasa, namun bukan berarti mereka harus langsung “disuapi” ilmu-ilmu yang sulit sebelum mereka memahami dasar-dasarnya.

Ada banyak kemampuan yang sebaiknya dikuasai atau setidaknya diketahui anak sebelum mereka mempelajari pelajaran-pelajaran yang lebih sulit lainnya, karena jika mereka sudah memiliki dasar-dasar ini, mereka akan lebih cepat dan tanggap dalam menangkap ilmu baru.

Mau tahu apa saja? Baca tulisan ini sampai habis, ya

1. Kemampuan Komunikasi.

Tidak semua anak memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Padahal, kemampuan ini sangat penting! Kemampuan ini tidak hanya akan memiliki dampak positif untuk anak, tapi juga keluarga dan lingkungan sosial di sekitar si anak.

Hal-hal yang harus dilatih adalah memastikan anak selalu berani menyampaikan pendapat atau keinginan mereka dengan cara yang baik. Dengan begitu, saat mereka sudah besar nanti, pasti mereka akan memiliki keberanian untuk menyampaikan pendapat mereka di muka umum

2. Kemampuan Bekerja Sama. 
 

Bekerja sama dengan orang lain itu membutuhkan kerja sama, lho! Terkadang ada anak yang ingin kemauannnya selalu diikuti tanpa mengerti keinginan temannya atau orang lain. Nah, hal-hal seperti ini yang harus dihindari, ya. Ajarkan anak dari sekarang jika pendapat dan kemauan orang lain juga sama pentingnya dengan pendapat dan kemauan mereka, ya/

3. Kemampuan Kognitif. 

Secara singkat, kognitif sendiri berarti proses berfikir atau menangkap, menyimpan atau mengelola, hingga menggunakan kembali informasi yang didapatkan sebelumnya. Kemampuan kognitif berarti anak-anak dapat memberi tahu persamaan dan perbedaan dari suatu hal dengan jelas, Dapat mengelompokan benda-benda sesuai dengan klasifikasi yang sederhana, dan lainnya.

4. Kemampuan Emosi.

Mengendalikan emosi mungkin terdengar seperti suatu hal yang sepele. Padahal, hal ini juga sangat penting karena anak-anak sudah harus tahu bagaimana cara mengendalikan perasaan mereka dan bisa membedakan mana perasaan yang bisa mereka tunjukkan di depan orang-orang dan mana yang tidak.

Jangan sampai anak-anak tumbuh menjadi seseorang yang pemarah dan tidak bisa mengendalikan kata-katanya atau menjadi seseorang yang terlalu sensitif dan tidak bisa menerima kritik dari orang-orang sekitar.

5. Kemampuan Bahasa.

Kemampuan bahasa juga termasuk kemampuan yang harus dilatih pada anak sejak dini. Menguasai suatu bahasa bisa membuat seseorang menjadi lebih pandai dalam menyampaikan pendapat mereka.

Selain itu, jika seorang anak menguasai satu bahasa asing, mereka akan lebih cepat dan mudah memahami bahasa asing lainnya lagi. Sudah bukan rahasia lagi, jika anak yang menguasai bahasa biasanya adalah anak yang pintar dalam sisi akademis atau bukan, karena menguasai suatu bahasa anak harus mempelajari dasar-dasar dari struktur bahasa itu, serta menguasai bagaimana cara menyampaikan bahasa itu kepada orang lain.

Wah, ternyata kemampuan bahasa memiliki peran yang cukup penting, ya, dalam tumbuh kembang anak! Karena itu, parents jangan sampai ketinggalan momen untuk mengembangkan kemampuan bahasa anak di masa golden age mereka, ya!

Salah satu bahasa yang bisa dipelajari anak selain bahasa Inggris adalah bahasa Mandarin. Bahasa yang satu ini sedang digemari oleh banyak orang karena Tiongkok adalah salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonominya sangat mempengaruhi negara-negara lain.

Coba ajak si kecil belajar bahasa Mandarin dari sekarang. Berikan mereka pembelajaran Mandarin yang terbaik seperti di LingoAce! Di LingoAce, anak-anak akan diajarkan bahasa Mandarin oleh guru native speaker dan program belajar yang dirancang sudah bertaraf internasional.

Kualitas pengajaran di LingoAce tidak perlu diragukan lagi! LingoAce juga menyediakan kurikulum khusus untuk anak-anak yang belum memiliki dasar bahasa Mandarin atau belum pernah belajar sama sekali sebelumnya. Jadi, enggak perlu merasa minder, ya!

Tertarik untuk mencoba? Yuk, daftar kelas free trial-nya sekarang di sini! (RO/Ol-09)

Baca Juga

Antara

Menag: Tidak Ada Pemberhentian Umrah!

👤M Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:48 WIB
MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan, pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia tidak akan...
ANTARA/Maulana Surya

Jaga Kebersihan Gigi dan Mulut untuk Cegah Risiko Komplikasi Penyakit

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:45 WIB
"Beberapa studi penelitian menunjukkan seseorang yang kesehatan gigi dan mulutnya buruk, memiliki risiko tinggi mengalami komplikasi...
ANTARA

Kasus Omikron Meningkat, DPR Minta Antisipasi dari Hulu ke Hilir

👤Indriyani Astuti 🕔Senin 17 Januari 2022, 14:35 WIB
berkaca pada pandemi gelombang kedua dari varian delta, pemerintah perlu mengevaluasi kebijakan penanganan pandemi saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya