Selasa 03 Agustus 2021, 14:10 WIB

Kabupaten Humbahas Jadi Kawasan Riset Tanaman Obat

Siswantini Suryandari | Humaniora
Kabupaten Humbahas Jadi Kawasan Riset Tanaman Obat

DOK BPPT
Kepala BPPT Hammam Riza bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan saat rakor Detail Engineering Desain di Jakarta, Senin (2/8/2021))

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memberikan tugas khusus kepada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk merancang dan mendesain suatu kawasan riset dan inovasi tanaman obat serta tanaman pangan di Kabupaten Humbahas Provinsi Sumatra Utara. Di Humbahas terdapat lahan dan potensi tanaman bermanfaat obat, juga tanaman hortikultura yang sangat tinggi.

Penyiapan pusat riset ini juga sebagai bagian dari penguatan program prioritas nasional pengembangan lumbung pangan atau food estate nasional di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat rapat koordinasi penyerahan Detail Engineering Desain (DED) dan Pembahasan Pembangunan Taman Sains dan Teknologi Herbal (TSTH), di Jakarta, Selasa (2/8) mengatakan konsep green building memiliki unsur nuansa lokal.

"Pembangunan tahap satu dan dua merupakan satu kesatuan yang akan dilaksanakan melalui satu proses lelang proyek konstruksi oleh Kementerian PUPR dengan anggaran pembangunan yang dilaksanakan pada 2021-2023 oleh penyediaan jasa profesional," kata Luhut dalam keterangan tertulis, Selasa (3/8)

Lebih lanjut Luhut berpesan kepada Kementerian PUPR untuk dapat segera menyampaikan percepatan proses lelang sesuai ketentuan yang berlaku. Ia juga berpesan kepada BPPT untuk segera menyelesaikan dokumen Amdal untuk persetujuan ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.  Serta menyusun rencana pembangunan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) agar bisa segera dilaksanakan dan menjadi ikon riset center yang berkelas.

Pada kesempatan sama, Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan terkait dengan penyerahan dokumen perencanaan pembangunan teknologi diawali pengembangannya pada Desember 2020.

"Tujuannya untuk pengembangan kognitif yang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional dan menggunakan teknologi modern yang akan diintegrasikan dengan percontohan praktek pertanian modern dan teknologi verbal dan waktu," pungkasnya. (N-1)

 

 

Baca Juga

Antara/Mohammad Ayudha.

Satgas Covid-19 Pastikan Varian Delta tidak Lonjakkan Kasus di Indonesia

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 22 September 2021, 13:30 WIB
Oleh karena itu, dalam mencegah lonjakan kasus ke depan, berbagai upaya pengendalian harus dilakukan sebagai bentuk kebijakan...
MI/Yose Hendra

Perkuat Prokes PON XX Papua, BNPB Kirim Bantuan 3 Juta Masker

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 22 September 2021, 13:24 WIB
BNPB kirim sejumlah bantuan logistik melalui pesawat Hercules TNI menuju beberapa tempat penyelenggaraan PON XX di Papua yang digelar pada...
Ist/DPR

DPR Minta KLHK Tingkatkan Anggaran untuk Program Berbasis Masyarakat di 2022

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 22 September 2021, 13:18 WIB
Program berbasis masyarakat masih sangat dibutuhkan, khususnya di tengah pandemi Covid-19 untuk meningkatkan kualitas perekonomian...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Miliarder Baru dari Pundong

MASYARAKAT dihebohkan dengan video viral warga Dukuh Pundong III, Kelurahan Tirtoadi, Mlati, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, membeli tiga mobil dengan uang tunai.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya