Minggu 01 Agustus 2021, 19:45 WIB

Karhutla Seluas 1,6 Hektare di Wilayah Penajam Paser Utara Berhasil Dipadamkan

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Karhutla Seluas 1,6 Hektare di Wilayah Penajam Paser Utara Berhasil Dipadamkan

BPBD Penajem Pasir Utara.
Karhutla di Kaltim.

 

KEBAKARAN hutan dan lahan (karhutla) teridentifikasi terjadi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur Minggu (1/8), pukul 12.25 waktu setempat. Titik api berhasil dipadamkan oleh Satuan Tugas Darat sehingga luas dampak karhutla dapat diminimalkan.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menyampaikan Satgas Darat membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk memadamkan titik api di Desa Lawe Lawe, Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara. Luas wilayah terdampak mencapai 1,6 hektar.

"Satgas Darat yang terdiri dari unsur BPBD, TNI, Polri, dinas pemadam kebakaran, instansi terkait lain serta masyarakat bekerja sama untuk mengendalikan dan memadamkan titik api," kata Abdul dalam keterangannya, Minggu (1/8).

Upaya pemadaman sangat terbantu dengan pengerahan peralatan dan perlengkapan dari dinas pemadam kebakaran setempat. Di samping itu, mereka memanfaatkan sumber air kanal yang berada tak jauh dari lokasi karhutla sehingga pemadaman api dapat berlangsung dengan cepat.

"Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Penajam Paser Utara melaporkan tidak terdapat korban jiwa pada kejadian karhutla tersebut. Sedangkan faktor penyebab terjadinya karhutla, BPBD setempat telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan," sebutnya.

Selain wilayah Penajam Paser Utara, titik panas atau hot spot terpantau di wilayah Berau. Berdasarkan informasi dari dashboard Sipongi, terpantau oleh satelit SNPP Lapan pada Minggu (1/8), dua titik panas di wilayah tersebut.

"Pantauan tingkat kemudahan terbakar pada lapisan atas permukaan tanah, beberapa wilayah di Kalimantan Timur teridentifikasi berpotensi mudah hingga sangat mudah terbakar pada awal Agustus 2021 ini," paparnya.

Sementara itu, pada Juli 2021 karhutla telah terpantau di Provinsi Kalimantan Timur, yaitu di kawasan hutan Wisata Alam 77 Kota Bontang. Sedangkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat akumulasi sementara luas lahan terdampak kahutla tahun 2021 di provinsi ini seluas 94 hektar.

BNPB telah meminta pemerintah daerah untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan dini karhutla di masing-masing wilayah, khususnya di bulan Agustus hingga Oktober 2021. "Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu pemantauan dan patroli bersama di lapangan dengan melibatkan masyarakat sehingga potensi karhutla dapat dikendalikan sejak dini," pungkasnya. (H-2)

 

Baca Juga

Dok Bezzera Latte Art Competition 2022

Bezzera Latte Art Competition Memasuki Babak Akhir

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:43 WIB
Kompetisi Latte Art diperuntukan khusus untuk para Latte Artist saling mengadu kemampuan serta kreativitas dalam membuat secangkir Latte...
Ist/PrimeBiz Hotel Karawang

PrimeBiz Hotel Karawang Telah Dibuka Kembali pada 1 Juli 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:40 WIB
Pembukan kembali PrimeBiz Hotel Karawang dihadiri oleh segenap manajemen dan karyawan hotel, pembukaan ini ditandai dengan pemotongan...
MI/Susanto

Banyak Jemaah Sembuh Jelang Wukuf

👤Susanto, Laporan dari Mekah 🕔Kamis 07 Juli 2022, 14:31 WIB
"Mungkin karena semangatnya, jemaah yang selama ini sakit bisa sembuh dan tidak jadi untuk disafari...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya