Rabu 28 Juli 2021, 17:00 WIB

BRIN: Hanya 4,1% RS yang Punya Pengolahan Limbah Medis

Andhika Prasetyo | Humaniora
BRIN: Hanya 4,1% RS yang Punya Pengolahan Limbah Medis

Antara
Petugas menunjukkan jarum suntik limbah medis yang ditemukan di wilayah Solo, Jawa Tengah.

 

KEPALA Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Laksana Tri Handoko mengungkapkan dari total 2.924 rumah sakit di Indonesia, hanya 4,1% yang memiliki fasilitas pengolahan limbah medis.

Menurutnya, kondisi tersebut sangat mengkhawatirkan. Sebab, sampah peralatan medis mengalami lonjakan signifikan di masa pandemi covid-19.

Berkaca dari hal itu, Handoko mendorong fasilitas kesehatan di Tanah Air untuk menggunakan teknologi yang dikembangkan BRIN. Dalma hal ini, untuk mengolah limbah medis hasil operasional. 

Baca juga: Pemerintah Siapkan Rp1,8 Triliun untuk Tangani Limbah Medis

“Ada beberapa teknologi yang sudah terbukti untuk membantu peningkatan jumlah kapasitas pengolahan limbah secara signifikan,” ujar Handoko seusai mengikuti rapat terbatas, Rabu (28/7).

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa teknologi pengolahan limbah BRIN berukuran kecil. Sehingga, mudah dipindahkan untuk menjangkau daerah terpencil. Hal itu juga membuat biaya perawatan menjadi lebih murah.

Baca juga: Limbah Masker Medis Masih bisa Didaur Ulang

Di beberapa negara, kata Handoko, sudah menggunakan teknologi daur ulang limbah medis yang bisa menghasilkan nilai ekonomi. Seperti, alat penghancur jarum suntik yang menghasilkan residu berupa stainless steel murni.

Kemudian, mesin daur ulang APD dan masker yang dapat menghasilkan propilen murni dengan nilai ekonomi cukup tinggi. "Jika bisa dikembangkan, ini akan meningkatkan motivasi untuk mengelola limbah. Bisa meningkatkan kepatuhan, hingga berpotensi menjadi lahan bisnis baru," tandasnya.(OL-11)

Baca Juga

DOK TPAG

TAPG Terus Berkomitmen Jalankan Program Pelayanan Kesehatan

👤Widhoroso 🕔Selasa 25 Januari 2022, 18:30 WIB
PROGRAM layanan kesehatan baik kepada seluruh karyawan dan masyarakat yang berada di sekitar area konsesi perseroan, terus dijalankan PT...
MI/Ramdani.

Festival PeSoNa Kopi Agroforestry Perkenalkan Teknik Roasting dalam Pelatihan Barista

👤Gana Buana 🕔Selasa 25 Januari 2022, 18:30 WIB
Penjurian akan dilakukan pada Kamis (27/1) dengan melibatkan sejumlah pakar di bidangnya seperti Pendiri Kopi Ketjil Bobie Rombe dan...
ANTARA

Jokowi Permudah Kampus Jalankan Program Vaksinasi Covid-19

👤Widhoroso 🕔Selasa 25 Januari 2022, 18:22 WIB
PROGRAM vaksinasi kampus yang digagas Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan perlindungan bagi mahasiswa dari ancaman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya