Selasa 06 Juli 2021, 18:44 WIB

Luhut Pastikan Warga Dapat Informasi Valid dari Telemedicine

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Luhut Pastikan Warga Dapat Informasi Valid dari Telemedicine

Antara
Luhut Binsar Pandjaitan

 

MENTERI Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mendorong masyarakat agar memanfaatkan layanan konsultasi kesehatan secara virtual yakni Telemedicine.

Layanan telekomunikasi ini dianggap akurat dalam memberikan informasi medis jarak jauh bagi pasien covid-19 yang tengah menjalani isolasi mandiri (isoman).

"Saya ingin bapak dan ibu yang memiliki anak dengan gejala covid-19 bisa mendapatkan informasi dari sumber yang terpercaya dan valid. Jangan sampai mendapatkan informasi sumir dari mereka yang bukan ahli," tulis Luhut dalam akun Instagramnya @luhut.pandjaitan, Selasa (6/7).

Layanan telemedicine ini memiliki fasilitas konsultasi dengan dokter hingga bisa diberikan secara gratis. Jasa konsultasi ini diharapkan Luhut, sudah mulai berjalan sepanjang bulan ini dengan biaya yang cukup terjangkau yang diperuntukkan bagi warga, khususnya orang tua yang memiliki pertanyaan seputar informasi covid-19 pada anak.

"Para orang tua bisa langsung berbicara melalui fitur konsultasi online bersama dokter spesialis anak resmi dari IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) via aplikasi, sehingga anak-anak tidak perlu berobat ke rumah sakit," sebut Luhut.

Selain aplikasi telemedicine yang saat ini beredar, Luhut menyebut, warga juga bisa mengakses aplikasi Dokter Primaku di smartphone.

Luhut berharap dengan adanya layanan konsultasi langsung terkait covid-19 pada ahlinya, yaitu para dokter spesialis anak yang telah tergabung dalam Ikatan Dokter Anak Indonesia, diharapkan bisa menekan laju penularan kasus covid-19.

"Kerja sama dan upaya berbagai pihak ini pastinya akan membuahkan hasil jika para keluarga yang mana adalah bagian terkecil dari masyarakat Indonesia, mematuhi dan menjalankan protokol kesehatan secara tertib dan ketat. Mari kita selamatkan generasi penerus bangsa dengan perlindungan yang terbaik," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA/Asprilla Dwi Adha

UI Pamerkan Bus Listrik Merah Putih di Hakteknas Ke-27

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:15 WIB
Rancangan teknologi bus listrik lahir dari ide periset yang berasal dari Fakultas Teknik UI, sementara perusahaan mitra berperan sebagai...
AFP

Anak Terinfeksi Monkeypox, Satgas: Perlu Penanganan Khusus

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:04 WIB
Kelompok usia anak menjadi salah satu pasien yang perlu mendapat penanganan khusus dari tenaga medis, khususnya saat terinfeksi cacar...
ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

UGM Buka Pendaftaran KIP Kuliah untuk Mahasiswa Baru

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:00 WIB
Penerima KIP-K berhak mendapat bantuan biaya pendidikan atau uang kuliah tunggal (UKT) yang dibayarkan oleh pemerintah langsung ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya