Kamis 17 Juni 2021, 17:45 WIB

BPPT: Pergerakan Ekonomi Indonesia Belum Berbasis Inovasi

Ilham Pratama Putra | Humaniora
BPPT: Pergerakan Ekonomi Indonesia Belum Berbasis Inovasi

Kepala BPPT Hammam Riza
MI/Andri Widiyanto

 

Indonesia masih terjebak sebagai negara dengan pendapatan menengah atau middle income trap. Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza menyebut ada pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi negara dengan pendapatan menengah atas berjalan lambat.
 
"Status kita masih berada dalam middle income trap yang sudah berjalan begitu lama. Pertumbuan kita tidak signifikan," kata Hammam dalam Webinar Sistem Inovasi Daerah (SIDa), Kamis, (17/6).
 
Menurutnya, pertumbuhan yang lambat itu karena pergerakan ekonomi Indonesia belum berbasis pada inovasi. Hal itulah yang membuat Indonesia kesulitan melompat menjadi negara maju.

Baca juga: EvaluasiPencegahan Masuknya Varian Baru Covid-19 ke Indonesia

"Karena kita menjalankan business as usual, sementara untuk melompat jadi negara maju maka ekonomi yang harus kita kejar adalah ekonomi berbasis pada inovasi," terang dia.
 
Hammam mengatakan, inovasi harus dijalankan oleh seluruh pihak. Masyarakat pun harus turut berinovasi mengembangkan ekonomi.
 
Apabila ini dilakukan, dia percaya pertumbuhan ekonomi Indonesia akan melaju kencang. Harapannya, Indonesia mampu segera memperbaiki kondisi ekonomi.
 
"Itu kita lihat pengalaman dari negara maju yang memang mengedepankan teknologi dan inovasi sebagai pilar meraih perbaikan ekonomi," tuturnya. (H-3)

Baca Juga

MI/Adam Dwi

Program OSC Medcom.id Perluas Peluang Pelajar Dapatkan Beasiswa

👤Widhoroso 🕔Minggu 23 Januari 2022, 00:15 WIB
PROGRAM Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id diyakini mampu melebarkan penyediaan beasiswa melalui kerja sama dengan lebih banyak...
MI/Susanto

Penerima Beasiswa OSC Medcom.id Dapat Prioritas Bergabung ke Media Group

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:55 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id tidak hanya memberikan bantuan dana pendidikan kepada mereka yang...
DOK Medcom

Beasiswa OSC Medcom.id Permudah Pencarian Siswa Unggulan

👤Widhoroso 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 23:40 WIB
BEASISWA Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id dinilai mempermudah pencarian bibit unggul yang akan berdampak pada pembangunan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya