Kamis 17 Juni 2021, 10:01 WIB

75% Peserta Lolos Ujian Masuk PTKIN Lakukan Daftar Ulang

Citra Larasati | Humaniora
75% Peserta Lolos Ujian Masuk PTKIN Lakukan Daftar Ulang

MI/Agus Utantoro
Kampus UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

 

Peserta yang melakukan daftar ulang pada Ujian Masuk (UM) Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) tahun ini mencapai 75 persen dari total yang dinyatakan lolos. UM-PTKIN merupakan sistem seleksi nasional calon mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN), Institut Agama Islam Negeri (IAIN), dan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). 
 
Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag), Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, bahwa hal ini merupakan salah satu indikator bahwa PTKIN semakin diminati dan menjadi perguruan tinggi pilihan masyarakat.  “Dengan capaian angka persentase 75 persen pendaftar yang melakukan daftar ulang, maka saat ini PTKIN telah menjadi pilihan masyarakat,” tegas Dhani, di Ternate, dikutip dari siaran pers, Kamis, (17/6).

Baca juga: Presiden Tinjau Vaksinasi di Stasiun Bogor
 
Dhani mengatakan, sebanyak 100.038 calon mahasiswa telah mengikuti ujian UMPTKIN 2021. Namun, jumlah ini terbilang menurun dibandingkan dua tahun sebelumnya. 

“Adanya pandemi covid-19 menjadi faktor menurunnya jumlah pendaftar,” katanya. 
 
Dari 100.038 calon mahasiswa yang mendaftar, tercatat 46 persen pendatar berasal dari Madrasah Aliyah (MA) dan Pesantren, 42 persen dari SMA, dan 12 persen dari SMK. 
 
“Persentase asal madrasah atau sekolah ini juga menandakan PTKIN telah menjadi pilihan sebagai wujud kepercayaan terhadap kualitas dan mutu lulusanya selama ini,” ujar Dhani. 
 
Menurut Dhani, lima program studi yang paling diminati secara berurutan ialah Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya, Farmasi UIN Alaudin Makassar, Teknik Informatika UIN Alauddin Makassar, Hukum Ekonomi Syariah UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dan Ekonomi Syariah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. 
 
Sedangkan Lima besar kategori PTKIN yang paling diminati pendaftar adalah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta (13.431 peminat), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (12.455 peminat), UIN Sunan Gunung Djati Bandung (12.376 peminat), UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (8.384 peminat), dan UIN Alauddin Makassar (7.642 peminat). 
 
Peminat UM-PTKIN berdasarkan pilihan prodi sebanyak 8.264 dengan peminatan rumpun IPA dan rumpun IPS 91.774 mahasiswa yang terdiri dari 34.408 laki-laki dan 65.630 perempuan. 
 
Hasil UMPTKIN 2021 diumumkan pada 17 Juni 2021. Untuk mengetahui kelulusan, panitia menyediakan laman yang bisa diakses di alamat: https://pengumuman.um-ptkin.ac.id/ (H-3)

Baca Juga

ANTARA

Banyak Nakes Terpapar Covid-19, Kemnaker dan IDI Gelar Webinar

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 16:30 WIB
Data juga mengungkapkan hingga saat ini, lebih dari 1.400 orang nakes gugur akibat pandemi...
dok.pribadi

Kepala BIN Tinjau Vaksinasi di Pesantren: Ketahanan NKRI Ada di Sini

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 15:55 WIB
KEPALA BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi para santri, di Ponpes Ummul Quro,...
FOTO/Youtube

Posisi Wamendikbudristek Diharapkan Bukan Diisi Politikus

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 01 Agustus 2021, 15:44 WIB
Pengamat pendidikan Ina Liem menilai bahwa posisi Wakil Menteri Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi harus diisi oleh sosok inovatif...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pemerintah Afghanistan Hadapi Krisis Eksistensial

 Laporan SIGAR menggarisbawahi kekhawatiran pasukan Afghanistan tidak siap untuk melakukan pertahanan yang berarti

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya