Jumat 11 Juni 2021, 20:47 WIB

Pemerintah Gencarkan Upaya Preventif Cegah Covid-19 di Daerah

Ghani Nurcahyadi | Humaniora
Pemerintah Gencarkan Upaya Preventif Cegah Covid-19 di Daerah

Antara/Mohammad Ayudha
Satgas Jogo Tonggo di Sragen, Jawa Tengah menyiapkan ruang isolasi

 

WAKIL Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan, Pemerintah sudah mempersiapkan sejumlah langkah untuk mengantisipasi peningkatan kasus Covid-19 di daerah, salah satunya edukasi dan sosialisasi agar pola pikir masyarakat tidak menjadi hambatan dalam upaya memerangi Covid-19 di tanah air.

Dante menambahkan, dalam melaksanakan upaya pengendalian Covid-19, upaya preventif itu perlu diutamakan dibandingkan dengan kuratif, karena langkah antisipatif dinilai akan lebih efektif dan efisien, serta dapat mengurangi kerugian material termasuk nyawa manusia untuk mencegah perluasan pandemi.

"Untuk daerah yang sudah mengalami kondisi ekstrem peningkatan kasus, maka yang harus dilakukan adalah memberikan support tenaga kesehatan, support fasilitas kesehatan termasuk di dalamnya obat-obatan," kata Dante dalam Dialog KPCPEN - FMB9 yang dilaksanakan secara daring hari Kamis sore.

Selain itu, tambahnya, perlu dilakukan mitigasi dan evaluasi serta bantuan manajemen kesehatan di daerah yang sedang mengalami lonjakan. Sementara untuk daerah yang belum mengalami lonjakan, diterapkan kebijakan PPKM Mikro, yang diberlakukan secara terus menerus sehingga kondisi aman.

"Kampanya protokol kesehatan juga digalakkan kepada masyarakat, begitu juga 3T, yaitu, tracing, testing dan treatment sehingga mencapai angka kumulatif yang ditargetkan bersama," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Bupati Kudus HM. Hartopo mengatakan, pihaknya sudah menerima bantuan mobil PCR yang baru mulai dioperasikan dan juga vaksin yang baru diberikan kepada masyarakat secara masif.

Baca juga : Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 dari Bangkalan

Hartopo tetap mengimbau kepada masyarakat agar disiplin melaksanakan protokol kesehatan agar penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kudus segera melandai menuju ke kondisi aman sebagaimana yang diharapkan.

"Paling gak 3M, pakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dan penekanan kepada mikro zonasi juga penting apalagi di Jawa Tengah ini ada jogo tonggo, untuk saling membantu dan saling mengingatkan dalam kondisi-kondisi berat," katanya.

Selain Kudus, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur juga sedang menghadapi situasi yang sama. Dalam upaya menanggulangi penyebaran Covid yang tinggi di daerahnya, Kepala RSUD Bangkalan, dr. Nunuk Kristiani mengajak masyarakat Bangkalan agar mempelajari tanda-tanda atau gejala Covid-19.

"Selain itu tidak malu memeriksakan diri dan tidak menolak dilakukan testing, tracing, yang selama ini menjadi kendala besar di masyarakat. Karena tidak mau ditesting dan tracing, maka kasus ini menjadi lonjakan yang luar biasa," kata Nunuk. 

Itulah sebabnya Pemerintah melalui Kemenkes meminta agar seluruh pihak termasuk masyarakat untuk bahu membahu dan tertib melaksanakan protokol kesehatan, serta saling berbagi informasi yang benar, agar Indonesia dapat segera memenangkan pertarungan melawan Covid-19. (RO/OL-7)

Baca Juga

ANTARA/Siswowidodo

Indonesia Jadi Wakil Asia di Dewan FAO

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 22 Juni 2021, 07:44 WIB
Mentan menyebut program pembangunan sektor pertanian di bawah arahan Presiden Joko Widodo terus membuahkan hasil...
MI/Dok KCCI

KCCI dan KTO Gandeng Yuna Nuna Promosikan Pariwisata Korsel

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 22 Juni 2021, 07:20 WIB
Program ini dibagi menjadi 5 episode dan disiarkan melalui kanal Youtube milik Yunan Nuna setiap hari Selasa mulai 15 Juni 2021 yang...
Ist/kemendikbudristek

Politeknik eLBajo Commodus Siap Kembangkan SMK D-2 Fast Track

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 22 Juni 2021, 07:08 WIB
Menurut Dirjen Diksi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto, anak SMK setelah tamat harus langsung siap kerja dan siap belajar sepanjang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jakarta sedang tidak Baik-Baik Saja

SEPEKAN ini warga Ibu Kota mengalami kecemasan akibat meningkatnya kembali kasus positif covid-19 secara signifikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya