Rabu 09 Juni 2021, 20:12 WIB

Usulan Anggaran BNPB untuk Tempat Isolasi Masih Dirposes Kemenkeu

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Usulan Anggaran BNPB untuk Tempat Isolasi Masih Dirposes Kemenkeu

Antara/Widodo S Jusuf
Mobil operasional BNPB

 

STAF Khusus Menteri Keuangan bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengatakan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memberikan usulan anggaran kepada Kementerian Keuangan pada awal Juni 2021.

Hal itu berkaitan dengan pemberitaan utang BNPB sebesar Rp140 miiar yang digunakan untuk menanggung biaya tempat karantina mandiri di DKI Jakarta.

"Usulan anggaran dari BNPB sudah diterima Kemenkeu pada awal Juni 2021. Saat ini usulan tersebut sedang diproses sesuai ketentuan, termasuk verifikasi oleh BPKP," kata Yustinus.

Diketahui, sebelumnya Pelaksana tugas (Plt) Bidang Penanganan Darurat BNPB Dody Ruswandi mengatakan, pembiayaan dari pemerintah pusat untuk wisma, hotel, dan penginapan sebagai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 akan dihentikan sementara mulai 15 Juni 2021.

Baca juga : Lonjakan Covid-19 di Jatim, Ketua Satgas Minta 3T Ditingkatkan

Itu terjadi karena anggaran yang dimiliki BNPB telah habis. Oleh karena itu, pihaknya mengusulkan anggaran tambahan kepada Kemenkeu untuk bisa membiayai tempat isolasi mandiri pasien covid-19 di DKI Jakarta.

Yustinus mengatakan, bila proses pembahasan dan verifikasi dari BPKP telah usai, tentu anggaran itu akan segera disediakan oleh Kemenkeu.

"Setelah proses selesai akan diterbitkan DIPA untuk pembayaran tersebut. (Prosesnya) secepatnya, kami terus berkoodinasi. Kemenkeu berkomitmen untuk terus mendukung penuh kelancaran penanganan pandemi," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP

Varian Delta Perburuk Kekebalan Tubuh Kaum Lansia dan Mereinfeksi Penyintas

👤Zubaedah Hanum 🕔Kamis 17 Juni 2021, 08:05 WIB
Varian Delta berhubungan dengan usia pasien. Semakin tua pasien covid-19 maka varian Delta ini akan memperburuk kekebalan tubuh pasien...
DOK KEMENSOS

Gandeng BUMN dan Dunia Usaha, Mensos: Kami tidak Bisa Bekerja Sendirian

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 17 Juni 2021, 07:41 WIB
Bagi korban bencana anak-anak, Kementerian Sosial memberikan layanan trauma healing. Salah satunya dengan membangun perpustakaan yang...
dok.BMKG

BMKG Prakirakan Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan Ringan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 17 Juni 2021, 07:38 WIB
BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar wilayah DKI Jakarta diguyur hujan pada Kamis siang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya