Selasa 08 Juni 2021, 05:16 WIB

Ini Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Ini Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Melalui Aplikasi Mobile

Antara
Ilustrasi

 

PESERTA Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang tengah membutuhkan pengobatan tentu wajib berobat di fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama.

Jika peserta memerlukan penangan lebih serius maka perserta diperbolehkan atau bisa dirujuk ke faskes tingkat selanjutnya yang bisa berikat fasilitas lebih baik.

Adapun Faskes ialah tempat berobat yang diprioritaskan bagi peserta BPJS Kesehatan sesuai dengan pilihan ketika mendaftar program tersebut. Faskes bisa berupa rumah sakit, puskesmas atau klinik.

Jika Anda ialah peserta BPJS Kesehatan yang ingin pindah faskes baik untuk mendapatkan penangan lebih serius atau karena pindah domisili, kini tak perlu repot-repot. Pasalnya, BPJS Kesehatan kini mempermudah Anda karena proses pindah faskes sudah bisa dilakukan secara online.

Berikut Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan Online Melalui Aplikasi

1. Isi form dengan nomor kartu BPJS, nomor ktp, tanggal lahir, nama ibu kandung, alamat email, nomor hp dan password salah satu anggota keluarga yang sudah terdaftar

2. Lalu pilih tombol Register

3. Melakukan verifikasi, pilih OKE lalu cek email masuk kemudian masukan kode verifikasi yang diterima lalu pilih tombol Verify.

4. Jika verifikasi berhasil maka Anda sudah bisa login dengan alamat email atau no kartu BPJS dan password yang tadi dibuat.

Berikut Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan di Aplikasi Mobile JKN

Setelah terdaftar Anda langsung bisa melakukan perpindahan faskes yang diinginkan secara online melalui aplikasi JKN BPJS Kesehatan. Berikut tata caranya:

1. Masuk / login ke aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan Anda

2. Pilih menu Ubah Data Peserta.

3. Pilih nama peserta yang akan pindah faskes.

4. Setelah muncul jendela pop up bertuliskan Ubah Fasilitas Kesehatan Pertama, isi data sesuai dengan yang ingin diubah.

5. Jika berhasil maka akan ada notifikasi bahwa data berhasil diubah serta informasi mulai berlakunya faskes baru.

Tak hanya berfungsi untuk pindah faskes, aplikasi JKN BPJS Kesehatan juga bisa digunakan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan hingga screening riwayat kesehatan, artikel kesehatan, pengaduhan keluhan dan lain-lain. (OL-13)

Baca Juga: Tips Simple Melihat Spek Laptop Dengan Waktu Singkat

Baca Juga

Antara

BRIN Jajaki Peluang Kerja Sama di Bidang Nuklir dengan Prancis

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:23 WIB
Prancis merupakan salah satu negara Eropa yang sangat maju di bidang teknologi nuklir. Indonesia pun berharap dapat menjalin kerja sama...
MI/Susanto

Naib Amirul Hajj Minta Pemberangkatan Haji Tahun Depan Lebih Selektif

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 14:00 WIB
"Saya kira ini jadi perhatian kami ke depan agar lebih selektif untuk berangkat jamaah haji Indonesia, dipastikan yang berangkat...
ANTARA/Idhad Zakaria

Dokter Ingatkan Agar Segera Sikat Gigi Setelah Makan

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 03 Juli 2022, 13:30 WIB
Plak gigi terbentuk dari sisa makanan yang menempel pada gigi. Sisa makanan yang tidak dibersihkan akan berubah menjadi lapisan lengket...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya