Rabu 26 Mei 2021, 22:15 WIB

Mahasiswa Gelar Pengabdian Masyarakat di TBM Bukit Duri Bercerita

mediaiindonesia.com | Humaniora
Mahasiswa Gelar Pengabdian Masyarakat di TBM Bukit Duri Bercerita

Ist
Kegiatan pengabdian mahasiswa Yarsi di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita (Bukdur Bercerita), Jakarta.

 

SEJUMLAH mahasiswa Progrm Studi (Prodi) Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Yarsi melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Taman Bacaan (TBM) Bukit Duri Bercerita (Bukdur Bercerita), Jakarta, pada Rabu (26/5).

 Kegiatan pengabdian masyarakat dari Universitas Yarsi tersebut  salah satunya menginput data bibliografi buku yang ada di TBM Bukdur Bercerita.

Salah satu mahasiswa, Muhammad Rizky Ibrahim, mengungkapkan pendapatnya soal kegiatan pengabdian mayarakat di TBM Bukdur Bercerita.

Menurut Rizky, koleksi yang ada di TBM Bukdur Bercerita sangat beragam jenis koleksinya dan genrenya di antaraya  ensiklopedia untuk anak-anak, komik, buku mendongeng, buku fiksi, buku nonfiksi, buku seri, kamus, novel, buku-buku Islam, buku khusus anak-anak, dan masih banyak lagi.

“Kami memfoto cover untuk kami inputkan datanya ke dalam SliMS (Senayan Library Management System). Selain itu  juga membuat beberapa membership atau keanggotan yang ada di TBM Bukdur Bercerita seperti beberapa anggota yang ada di TBM  Bukdur Bercerita,” kata Rizky.

Perlu diketahui bahwa SLiMS adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3.

Aplikasi web tersebut dikembangkan tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan kendali versi Git.

Mahasiswa semester IV juga mengatakan sebelum Input data buku yang ada di TBM Bukdur  Bercerita, ia dan rekannya membuat tipe koleksi, tipe keanggotaan, tipe peminjaman, tipe grup, dan user kelompok.

 Input data menggunakan SLiMS 9 Bulian yang sangat praktis dan cukup mudah untuk penginputan data.

“Kami menginput data bibliografi buku yang ada di TBM Bukdur lebih dari 100 item buku. untuk penginputan buku yang kami masukan adalah judul, author, ISBN/ISSN, publisher, publisher year, publishing place, classification, call number, book cover,” ujar Rizky .

Sementara itu, dosen pembimbing  pengabdian masyarakat Universits Yarsi, Danang Dwijo Kangko, S.Hum, MP, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan proyek awal Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi Universitas Yarsi.

“Kegiatan merupakan  implementasi Kurikulum Merdeka Belajar yang dicanangkan Pemerintah melalui Kemdikbud Dikti. Di mana mahasiswa tidak hanya belajar dari kelas tetapi juga lingkungan dan industri,”ujar Danang

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Pengabdian kepada Masyarakat para dosen Prodi Perpustakaan dan Sains Informasi di Universitas Yarsi.

“ Yang telah kami kerjakan saat ini bukanlah akhir dari kegiatan ini karena setelahnya akan dilanjutkan oleh tim berikutnya untuk membantu teman-teman Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dan Perpustakaan di lapangan. Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat dan berkelanjutan,” paparnya.

Sementara itu, pendiri TMB Bukdur Bercerita, Safrudiningsih mengatakan, TBM yang didirikannya sejak awal terbuka untuk menjalin kerja sama dengan pihak mana pun yang mempunyai misi dan tujuan untuk membangkitkan semangat membaca di kalangan anak dan remaja.

 “Selama ini kami menjalin sinergi dengan komunitas Kampung Dongeng Jakarta Selatan, Komunitas Sedekah Mainan, dan juga nanti akan melaksanakan kegiatan dengan Universitas Negeri Jakarta untuk pengenalan bahasa asing bagi anak-anak dan remaja di sekitar Bukit Duri,” papar Safrudiningsih. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Kemenko PMK

Mitigasi Bencana, Menko PMK Lakukan Penanaman 10 Juta Pohon Mangrove di 34 Provinsi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:37 WIB
Adapun aksi penanaman mangrove pada GPDRR 2022 merupakan momentum dukungan PBB terhadap komitmen Indonesia dalam pengurangan risiko bencana...
Dok. Kemenparekraf

Perkuat Kampanye Sadar Wisata, Kemenparekraf Gelar Training of Trainer untuk Desa Wisata

👤Meediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:22 WIB
Perubahan tren di kenormalan baru pariwisata bergeser dari pariwisata berbasis kuantitas ke pariwisata berbasis...
Dok. UMJ

Fakultas Pertanian UMJ Gelar Panen Raya Perdana dari Program Kebun Hidroponik

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 23:08 WIB
FAKULTAS Pertanian Universitas Muhammadiyah Jakarta menggelar panen raya perdana dari program kebun hidroponik yang diawali pada Maret...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya