Sabtu 24 April 2021, 14:24 WIB

Tes GeNose Sudah Diterapkan di 21 Bandara

M. Ilham Ramadhan Avisena | Humaniora
Tes GeNose Sudah Diterapkan di 21 Bandara

Antara
Calon penumpang pesawat menjalani tes deteksi covid-19 dengan metode GeNose C19.

 

ALAT deteksi covid-19 GeNose sudah diterapkan di 21 bandara di berbagai wilayah Indonesia. Targetnya, alat tersebut dapat diterapkan di banyak bandara hingga ke wilayah timur Indonesia.

Hal itu diutarakan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat meninjau penerapan GeNose di Bandara Juanda, Surabaya, Sabtu (24/4).

"Kita akan menerapkan ini hingga mendekati 100 bandara, agar sampai ke Indonesia bagian timur. Saya sudah minta kepada Dirjen Perhubungan Udara untuk berkoordinasi dengan UGM untuk membahas hal tersebut," ujar Budi dalam keterangan resmi, Sabtu (24/4).

Baca juga: Pemerintah Perpanjang Larangan Mudik

Adapun 21 bandara yang sudah menerapkan GeNose yakni, Yogyakarta (YIA); Palembang (PLM); Bandung (BDO); Surabaya (SUB); Bali (DPS); Batam (BTH); Samarinda (AAP); Pangkal Pinang (PGK); Tanjung Pandan (TJQ); Jambi (DJB); Makassar (UPG). Lalu, Gorontalo (GTO); Palu (PLW); Pontianak (PNK); Lampung (TKG); Tanjung Pinang (TNJ); Balikpapan (BPN); Tarakan (TRK); Sentani (DJJ); Tambolaka (TMC); dan Banjarmasin (BDJ).

Dari 21 bandara tesebut, 7 bandara dikelola Angkasa Pura I, 8 bandara dikelola Angkasa Pura II, 5 bandara dikelola Unit Pelaksana Bandar Udara Kemenhub dan 1 bandara dikelola Badan Usaha Bandar Udara Batam.

Budi menyebut GeNose sudah digunakan di 44 Stasiun. Lebih dari 500.000 orang yang melakukan tes dengan alat tersebut. Sementara itu, penggunaan GeNose di bandara sudah mendekati 100.000 orang.

Baca juga: KAI Ubah Masa Berlaku Tes Covid-19 Sebagai Syarat Perjalanan

"Jadi, kita harus bangga bahwa ada produk anak bangsa yang eksis. GeNose memiliki tiga keunggulan yaitu cepat, tidak sakit dan murah," pungkas Budi.

Menhub mengingatkan, agar pelayanan tes deteksi covid-19, baik menggunakan GeNose maupun alat deteksi lain seperti PCR dan Rapid Tes Antigen, harus dilakukan dengan serius. Tujuannya, memastikan bahwa penumpang yang bepergian benar-benar negatif Covid-19.

Dalam tinjauan ke Bandara Juanda, Menhub juga membagikan masker kepada sejumlah penumpang. GeNose di Bandara Juanda sudah mulai diterapkan sejak 1 April. Pemeriksaan GeNose C-19 di Bandara Juanda dikenakan biaya sebesar Rp40 ribu. Hingga 22 April, pengujian GeNose di bandara tersebut sudah menyasar 8.953 orang.(OL-11)

 

Baca Juga

Sj

Peraturan Pelabelan Kemasan Pangan Dinilai Bisa Matikan Industri

👤Abdillah M Marzuki 🕔Senin 20 September 2021, 00:01 WIB
Menurut Henky, banyak uji laboratorium yang tidak terlaksana karena jumlah laboratorium masih...
Dok. Bumoon.io

Bumoon.io Siap bantu Pemerintah Atasi Perubahan Iklim dengan Teknologi

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Minggu 19 September 2021, 23:44 WIB
Co-founder BUMooN.io, Happy Murdianto mengatakan, pemanasan global merupakan permasalahan yang memiliki pertaruhan yang besar bagi masa...
Dok. DPP LDII

World Cleanup Day, LDII Canangkan Kampanye Pilah Sampah dari Rumah

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 19 September 2021, 23:33 WIB
Berdasarkan catatan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada  2020, 54 persen dari total sampah plastik masih terbuang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya