Rabu 03 Maret 2021, 14:20 WIB

Halodoc dan Gojek Hadirkan Drive Thru untuk Vaksinasi Covid Lansia

Suryani Wandari | Humaniora
Halodoc dan Gojek Hadirkan Drive Thru untuk Vaksinasi Covid Lansia

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Layanan vaksinasi drive thru

 

PERCEPATAN program vaksinasi yang diinisiasi pemerintah guna menekan penyebaran covid-19 terus mendapat dukungan pihak swasta, salah satunya telehealth Halodoc yang telah ditunjuk secara resmi sebagai mitra resmi Kementerian Kesehatan RI untuk menghadirkan Pos Pelayanan Vaksinasi Covid-19 melalui mekanisme drive thru.

Dalam pelaksanaannya, Halodoc menggandeng Gojek sebagai mitra transportasi dan komunikasi, Rumah Sakit Hermina sebagai tim medis di lapangan sekaligus vaksinator dan BLU Pusat Pengelola Komplek Kemayoran (PPKK) sebagai penyedia area untuk pelaksanaan vaksinasi covid-19 yang dibuka hari ini, Rabu (3/3).

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang hadir mengunjungi proses vaksinasi drive thru ini mengapresiasi kesigapan Halodoc dan Gojek dalam mendukung program vaksinasi pemerintah sejak awal masa pandemi. Apalagi percepatan vaksinasi ini tidak dapat dilakukan oleh Kemenkes sendiri, perlu ada dukungan dari masyarakat dan lembaga lainnya.

"Inisiatif yang dihadirkan Halodoc dan Gojek memiliki peranan yang sangat strategis terhadap pencapaian target kami dalam menyalurkan 181 juta suntikan vaksin covid-19 dalam setahun," kata Budi dalam sambutannya, Rabu (3/3).

Tahap awal vaksinasi covid-19 drive thru diperuntukkan khusus bagi masyarakat lanjut usia (lansia) yang memiliki KTP DKI Jakarta dengan target hingga ribuan dosis vaksin setiap harinya.

Nantinya, saat akan melakukan vaksin, seseorang diwajibkan mendaftar lebih dulu lewat aplikasi halodoc yang telah terintegrasi dengan aplikasi Gojek. Kemudian, Gojek berperan memberikan akses penjadwalan melalui layanan GoMed dan menyediakan armada GoCar di area vaksinasi untuk mendukung peserta yang datang tanpa kendaraan sehingga adopsi protokol kesehatan serta keamanan tetap terjaga.

"Kami berterima kasih kepada pemerintah telah mengikutsertakan kelompok pekerja transportasi umum termasuk mitra driver online ke dalam kelompok petugas pelayanan publik yang menerima vaksin, setelah pemberian vaksin kepada seluruh tenaga kesehatan. Program vaksinasi covid-19 ini akan membantu mitra driver termasuk mitra driver lansia di tahap awal ini, sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional agar terlindungi dari paparan covid-19," ujar Co-Founder dan Co-CEO Gojek Kevin Aluwi.

Baca juga: Sandiaga akan Sediakan Drive Thru Vaksin di Bali

Halodoc juga berterima kasih atas dukungan Kemenkes sehingga pihaknya dapat berkontribusi sebagai mitra dalam komunikasi, informasi, dan edukasi terkait covid-19. Pasalnya program vaksinasi drive thru ini menjadi andalan saat pandemi.

"Kini, kami akan terus memaksimalkan kemampuan dalam membantu percepatan program vaksinasi covid-19 di Indonesia, khususnya melalui layanan drive thru Halodoc," kata CEO dan Cofounder Halodoc Jonathan Sudartha.

Sementara itu, Medikaloka Hermina selaku penanggung jawab terkait fasilitas kesehatan siap mengerahkan semaksimal mungkin tenaga vaksinator dan tenaga medis untuk memastikan keamanan peserta baik selama vaksinasi maupun dalam menanggulangi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Pada layanan drive thru ini, setidaknya akan ada 4 pos yang masing-masing memiliki fungsinya sendiri. Pada pos 1 akan dilakukan verifikasi data pendaftar sesuai aplikasi. Pos 2, tes skrining kesehatan mulai dari cek temperatur, tekanan darah dan rasio oksigen. Berlanjut ke pos 3, pelaksanaan vaksinasi. Peneriman vaksin akan turun dari kendaraannya dan melakukan vaksinasi.

Terakhir di pos 4, observasi, penerima vaksin akan menunggu di kendarannya selama 30 menit untuk melihat respon tubuh terhadap vaksin atau mengantisipasi adanya kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI).

Setelah selesai, Halodoc akan menerbitkan sertifikat digital vaksinasi covid-19 melalui aplikasi yang juga akan diberitahukan vaksinasi dosis kedua.(OL-5)

Baca Juga

IPB University

Rektor IPB Ungkap Plus Minus Peleburan Kemenristek ke Kemendikbud

👤Faustinus Nua 🕔Minggu 18 April 2021, 08:05 WIB
REKTOR IPB University, Arif Satria mengungkap plus minus penggabungan Kemenristek ke Kemendikbud, sesuai keputusan rapat paripurna...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Pemerintah Jerman Tawarkan Bantuan untuk Organisasi Budaya

👤Basuki Eka Purnama 🕔Minggu 18 April 2021, 06:56 WIB
Di Indonesia, proses pendaftaran untuk Dana Bantuan Internasional sudah dibuka dan akan berlangsung sampai 7 Mei...
MI/Seno

Zaman Ruwaibidhah

👤Nasaruddin Umar Imam Besar Masjid Istiqlal 🕔Minggu 18 April 2021, 05:25 WIB
Ciri-ciri orang Ruwaibidhah yang diadopsi generasi penghancur, yaitu merasa sok pintar padahal dungu, tidak mau mendengarkan nasihat dari...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya