Senin 22 Februari 2021, 20:10 WIB

Penolak Vaksin Covid-19 Tuntut Kerja Lebih Keras

Sri Utami | Humaniora
Penolak Vaksin Covid-19 Tuntut Kerja Lebih Keras

MI/M IRFAN
Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang juga anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay

 

MASYARAKAT yang tidak bersedia diberikan vaksin covid-19 yang jumlahnya mencapai 41% akan menjadi penghambat untuk percepatan pemulihan dari pandemi. Pemerintah dan berbagai pihak harus berupaya lebih keras lagi agar vaksin dapat diterima oleh semua orang.

“Ini adalah temuan yang serius. Ternyata ada banyak masyarakat tidak mau divaksin. Karena itu temuan ini tidak boleh dianggap remeh. Pemerintah harus bekerja keras untuk meyakinkan masyarakat agar ikut vaksinasi,” ucap Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) yang juga anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay, Senin (22/2).

Dia menekankan sosialisasi dan edukasi yang masif akan lebih efektif jika dibandingkan dengan pemberian sanksi. Publik saat ini masih ada yang belum menerima sosialiasi dan edukasi yang tepat sehingga masih takut untuk mendapatkan vaksin.

"Berarti yang kemarin dikampanyekan oleh pemerintah itu belum dipahami sepenuhnya oleh masyarakat. Makanya mereka tadi takut enggak mau divaksin. Sosialisasi penting sekali agar semua masyarakat ini paham,” cetus Saleh.

Dia mengingatkan pemerintah telah mengucurkan anggaran lebih dari Rp134 triliun untuk melakukan vaksinasi. Publik harus mendukung upaya pemerintah untuk segera terbebas dari pandemi covid-19.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menemukan hanya 54,9% warga yang bersedia divaksinasi. Hal ini sejalan dengan hasil survei Parameter Politik Indonesia yang diungkap Senin (22/2). Survei itu menyebut 54,8% dari 1.200 responden survei menyatakan bersedia divaksin covid-19, sedangkan sebanyak 22,4% tidak bersedia. Sisanya, tidak menjawab. (P-2)

Baca Juga

Kemenag

Seleksi 23 Madrasah Aliyah Unggulan Dibuka, Perebutkan 2.883 Kursi

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:15 WIB
Seleksi berlangsung dua hari, 27 – 28 Februari 2021 dan berlangsung secara daring (dalam...
Istimewa

Universitas Malikussaleh Beri Penghargaan Untuk Keluarga Gus Dur

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 26 Februari 2021, 13:02 WIB
Status perguruan tinggi negeri untuk Universitas Malikussaleh, Aceh, tidak lepas dari peran Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ketika menjadi...
Antara

Pakar: Libatkan Masyarakat dalam Penanganan Paus Terdampar

👤Zubaedah Hanum 🕔Jumat 26 Februari 2021, 12:50 WIB
Meskipun paus pilot belum termasuk terancam punah, tetapi dengan peristiwa terdampar yang cukup sering, pada akhirnya akan mengurangi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya