Sabtu 13 Februari 2021, 14:10 WIB

Gunung Sinabung Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 2 Km

Humaniora | Humaniora
Gunung Sinabung Luncurkan Guguran Lava Pijar Sejauh 2 Km

ANTARA/Edy Regar
Guguran lava dari puncak Gunung Sinabung terlihat dari Desa Tiga Kicat, Kecamatan Simpang Empat, Karo, Sumatera Utara, Jumat (12/2).

 

Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatra Utara, kembali erupsi dengan meluncurkan guguran awan panas disertai lava pijar sejauh dua kilometer.
 
Kepala Pos Pengamatan Gunung Sinabung, Armen Putra, Sabtu, mengatakan erupsi terjadi pada Jumat malam (12/2). Luncuran lava pijar terpantau menuju timur dan tenggara Gunung Sinabung.

Baca juga: Gempa Magnitudo 5,5 Guncang Pesisir Barat Lampung
 
Selain itu, guguran awan panas sejauh 1 km juga terpantau ke arah timur, tenggara, dan selatan Gunung Sinabung. Guguran awan panas ini tercatat dengan amplitudo 120 mm dengan durasi gempa selama 159 detik.
 
"Cuaca mendung dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara. Suhu udara 17-23 derajat celcius," kata dia.
 
Saat ini Gunung Sinabung yang ketinggiannya mencapai 2.460 meter di atas permukaan laut (mdpl) berada pada status Level III (Siaga).
 
Ia mengimbau warga maupun petani untuk tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi serta di lokasi di dalam radius 3 km dari puncak gunung. Selanjutnya radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.
 
"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung juga diminta agar tetap waspada terhadap bahaya lahar," ujarnya. (Ant/H-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Prajurit TNI AL Diterjunkan untuk Tegakkan Prokes di Dumai

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 18 Juni 2021, 08:09 WIB
Para Babinpotmar tersebut juga membantu aparat Pemerintah Kota Dumai, khususnya Dinas Kesehatan setempat, melakukan aksi pelacakan,...
Ilustrasi

Lonjakan Kasus Pasca-Idulfitri Harus Jadi Pembelajaran

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 18 Juni 2021, 07:55 WIB
Meski tahun 2021 tidak mengalami persentase kenaikan sebesar tahun lalu, beberapa kabupaten/kota tertentu mengalami lonjakan dalam rentang...
ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Melakukan Upaya Preventif Secara Kolektif Jadi Solusi Atasi Pandemi

👤Atalya Puspa 🕔Jumat 18 Juni 2021, 07:37 WIB
Merujuk pada hasil studi Matraj dan Leung (2020), menyatakan semakin dini intervensi pencegahan, maka semakin berdampak melandainya kurva...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Haru Biru King Christian

Di timnas Denmark, sosok berjuluk ‘King Christian’ telah menjadi sosok kunci sejak penampilan pertamanya pada 2010, membuat 109 penampilan dan mencetak 36 gol.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya