Senin 01 Februari 2021, 19:43 WIB

Literasi Digital Dibutuhkan untuk Menyongsong Era Industri 4.0

mediaindonesia.com | Humaniora
Literasi Digital Dibutuhkan untuk Menyongsong Era Industri 4.0

Ist
Kegiatan webinar bertema Generasi Muda Wujudkan Indonesia 4.0 yang diselenggarakan Senin (1/2). 

 

DI era digital saat ini, generasi sekarang tidak asing lagi menggunakan dan memanfaatkan teknologi. Berkembangnya teknologi digital dan akses informasi jadi tantangan sekaligus peluang bagi generasi saat ini dalam menggunakan dan merespons literasi digital menjadi sebuah inovasi.

Dalam upaya mendukung pemerintah dan swasta, serta membantu masyarakat untuk menyongsong era industri 4.0 di Indonesia,  PT Mobile Sarana Sentosa, Tbk. atau MobileCom, Senin (1/2), menggandeng IDN Boarding School menggelar kegiatan webinar bertema Generasi Muda Wujudkan Indonesia 4.0. 

Webinar menjadi ruang bicara untuk memotivasi generasi muda dalam mengembangkan karakter diri dan memotivasi karir melalui implementasi teknologi.

Selain itu, acara ini diharapkan menguatkan komitmen pada pentingnya literasi digital untuk lembaga pendidikan sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Presiden Direktur MobileCom Steven Samudera menyampaikan pentingnya bagi generasi muda untuk memiliki karakter dalam mengimplementasikan teknologi secara optimal. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap iklim global di era industri 4.0. 

"Perkembangan teknologi digital saat ini jika diimbangi pembangunan karakter dalam literasi tentu akan membentuk generasi muda yang lebih baik, berkualitas, berintelek, dan memiliki keterampilan yang mumpuni," kata Steven dalam keterangannya, Senin (1/2).

Steven juga melihat IDN Boarding School berbeda dengan SMK lainnya. Pada saat ini, lembaga pendidikan yang memadukan ilmu agama dan teknologi sangat dicari masyarakat. 

“Itulah yang dicari para orang tua saat ini, inilah yang akan menjadi kebutuhan besar bangsa ini yaitu lahirnya anak-anak yang bisa men-drive kehidupan yang beradab, kehidupan penuh dengan religius, tapi juga kehidupan yang memudahkan hidup mereka dengan teknologi” jelasnya.

Dalam webinar, menghadirkan pula pembicara dari PT Infrastruktur Digital Edukasi (IDE), anak perusahaan MobileCom, yang fokus membantu pendidikan di Indonesia lewat sentuhan teknologi buatan anak bangsa yang menghadirkan aplikasi pembelajaran jarak jauh yang mudah dan menyenangkan.

General Manager IDE Destaria Soe’oed, memberikan pembekalan kepada para siswa bagaimana menjadi pekerja yang siap meniti karir secara profesional. 

Menurut Destaria, di dunia kerja dibutuhkan kecerdasan emosional karena akan berhubungan dengan banyak orang yang berbeda karakter dan latar belakang budaya. Hal ini mempengaruhi seseorang dalam bekerja di dalam teamwork.

“Pembekalan diri untuk siswa sekolah yang akan memasuki dunia kerja kini menjadi semakin penting. Membentuk lulusan yang siap kerja dan memiliki skill, knowledge, dan attitude akan sangat dibutuhkan oleh setiap perusahaan," jelasnya.

Karena itu, kami hadir memberikan motivasi kepada anak-anak (IDN) mengenai dunia kerja. Sehingga mereka punya pandangan kedepan untuk masa depan mereka,” tambah Destaria. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok.Ist

Kelompok Marginal Butuh Pendampingan Dalam Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 09:30 WIB
Pada titik inilah UNAIDS mengambil peran, untuk memastikan tidak ada kelompok yang...
DOK Kenari Daja

Kenari Djaja Award 2021 Bentuk Dukungan Terhadap Karya Anak Bangsa

👤Widhoroso 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:40 WIB
KOMPETISI desain handle atau gagang pintu yang digelar Kenari Djaja sukses memunculkan desain-desain inovatif dari...
Antara

Menteri PPPA Puji Protes Guru dan Murid Tolak Pernikahan Anak

👤Ant 🕔Jumat 15 Oktober 2021, 23:30 WIB
Menurutnya, aksi penolakan ini menunjukkan kesadaran bahwa pernikahan anak di bawah umur tidak sepatutnya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya