Sabtu 23 Januari 2021, 23:10 WIB

Pengembangan Geopark Kaldera Toba Fokus 3 Aspek

Yoseph Pencawan | Humaniora
Pengembangan Geopark Kaldera Toba Fokus 3 Aspek

Antara
Wisatawan menikmati Kaldera Danau Toba dari atas bukit Taman Sipinsur Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, Sumut, beberapa waktu lalu.

 

BADAN Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark akan mengembangkan Kaldera Geopark Toba dari tiga aspek yang menjadi penekanan.

Ketua Harian Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark Mangindar Simbolon memaparkan ada tiga hal yang dipadukan dalam pembenahan pengelolaan Kaldera Toba. "Pertama dari sisi geologi Danau Toba yang memiliki nilai internasional," ungkapnya, Sabtu (23/1).

Kedua adalah keragaman biologi yang berasal dari proses pembentukan Kaldera Toba. Ketiga yakni keragaman budaya dan masyarakat yang dihuni beberapa etnis di Kawasan Danau Toba. Selain itu dia memastikan pihaknya juga akan mengedepankan pemberdayaan masyarakat setempat berkoordinasi dengan masing-masing pemerintah kabupaten.

Pengelola Geosite Simanindo-Hutabolon-Batuhoda, Ombang Siboro, mengatakan Geopark Kaldera Toba memiliki 16 Geosite yang tersebar di seluruh kawasan Danau Toba.

Karena itu pengembangan Geopark Kaldera Toba harus dimulai oleh masing-masing geosite. Sehingga masing-masing geosite mesti merencanakan pengembangan yang ditujukan untuk sarana  atraksi, amenitas dan akses (3A).

"Kemajuan Geopark dilihat dari perkembangan geositenya. Dan masyarakat adalah pelaku yang harus dilibatkan dalam pengembangan geosite," pungkasnya.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar Unesco Global Geoparks (UGG) pada awal September 2019. Dimana Global Geoparks merupakan area geografis terpadu dengan situs dan lanskap geologi internasional dikelola dengan konsep perlindungan holistik, pendidikan dan pembangunan berkelanjutan melalui pendekatan bottom-up.

Danau Toba masuk dalam UGG setelah dinilai dan diputuskan oleh Unerco Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional ke-IV organisasi itu di Lombok.

Pada pertengahan 2020 Pemprov Sumut mulai menyusun Rencana Induk Pengembangan (RIP) Geopark Kaldera Toba dengan institusi pelaksananya, Badan Pengelola Toba Caldera Unesco Global Geopark. (OL-13)

Baca Juga: Pembawa Acara TV dan Radio Legendaris Larry King Tutup Usia

Baca Juga

ANTARA

Jokowi Sukses Buka Akses Pendidikan Bagi Masyarakat Kurang Mampu

👤Widhoroso 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:45 WIB
SEJUMLAH kebijakan di sektor pendidikan yang dijalankan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berdampak positif bagi...
MI/ HO

PGRI Serukan Dialog Bahas RUU Sisdiknas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:32 WIB
Tujuannya, agar menghasilkan UU yang  komprehensif membuat dunia pendidikan di Tanah Air lebih...
Satgas Penanganan Covid-19

Satgas Covid-19: Kenaikan Mobilitas Masyarakat Tertinggi selama Pandemi

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:25 WIB
KENAIKAN mobilitas masyarakat Indonesia saat ini menjadi yang tertinggi selama pandemi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya