Selasa 12 Januari 2021, 23:47 WIB

Hari Ini Tim SAR Evakuasi 139 Kantong Jenazah

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Hari Ini Tim SAR Evakuasi 139 Kantong Jenazah

Antara
Evakuasi jenazah SJ-182

 

HARI keempat pencarian, tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi 139 kantong jenazah dalam pencarian korban dan serpihan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, pada Sabtu sore (9/1).

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI (Purn.) Bagus Puruhito mengungkapkan, hingga hari ini, Selasa (12/1) pukul 21.00 WIB, ada tambahan signifikan terkait jumlah obyek pencarian, yakni 61 kantong body remain (bagian tubuh korban) 8 kantong serpihan kecil pesawat, dan 2 potongan besar pesawat.

"Hingga malam ini, total penemuan body remain sebanyak 139 kantong, serpihan kecil pesawat 26 kantong, dan potongan besar pesawat sebanyak 26 kantong," terang Bagus dalam akun media sosial Basarnas, Selasa (12/1).

Dia menuturkan, tambahan tersebut berturut-turut diserahkan ke Posko Terpadu di Pelabuhan JICT 2 Tanjung Priok, Jakarta oleh KN SAR Karna sebanyak 24 kantong jenazah dan 1 diantaranya berupa partikel pesawat.

Lalu oleh kapal Bakamla membawa 2 kantong, KP Pelatuk Polair 14 kantong, sea rider Marinir 3 kantong, KRI Kurau sebanyak 3 kantong, serta RIB 02 Lampung 20 kantong.

Bagus menjelaskan, body remain korban dibawa tim DVI ke RS Polri Kramatjati, Jakarta Timur. Sedangkan, temuan serpihan pesawat diserahkan ke tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Sementara itu, kotak hitam berupa FDR (Flight Data Recorder) Sriwijaya Air SJ-182 sudah ditemukan pukul 14.00 WIB pada hari ini oleh tim SAR gabungan di sekitar Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan, membutuhkan waktu hingga lima hari untuk mengungkap penyebab jatuhnya pesawat dengan rute Jakarta-Pontianak pada Sabtu pekan lalu. (OL-8)

 

Baca Juga

ANTARA/Nyoman Budhiana

Hadapi 1 Juta Kasus Covid-19, NasDem Waspadai Kegiatan Wisata

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 00:08 WIB
Kemenparekraf harus memastikan tempat-tempat wisata mematuhi protokol...
Ist

Inovasi New Normal untuk Industri Perhotelan

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:40 WIB
Inovasi produk yang dilakukan S2i tidak ditujukan untuk menghilangkan aspek kemanusiaan pada sebuah...
Antgara/M.RIsyal Hidayat

Dukung Penerapan GeNose di Kereta, Pengamat : Praktis dan Murah  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 26 Januari 2021, 23:04 WIB
Menurutnya, pemakaian GeNose akan menguntungkan masyarakat, karena harga yang dipatok dianggap murah sekitar Rp20 ribu per...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya