Jumat 01 Januari 2021, 15:50 WIB

Wow, Kecombrang dan Daun Jambu Mete Hambat Replikasi Virus Korona

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Wow, Kecombrang dan Daun Jambu Mete Hambat Replikasi Virus Korona

MI/Yoseph
Bunga kecombrang diekspor hingga ke mancanegara.

 

LEMBAGA Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University bekerjasama dengan Asosiasi Profesor Indonesia (API) menyebutkan, konsumsi sayur dan rempah-rempah lokal seperti kecombrang dan daun jambu mete dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menghambat replikasi virus SARS-Cov-2 penyebab covid-19.

Dr Nancy Dewi Yuliana, dosen IPB University dari Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian mengatakan, kedua jenis tanaman itu memiliki potensi sebagai immuno stimulant dari penelitian yang telah dilakukan. Berdasarkan indeks stimulasinya, terang Nancy, kedua tanaman itu mampu membantu meningkatkan aktivitas proliferasi sel limfosit.

"Analisis metabolomik berbasis GC-MS juga dilakukan untuk melihat aktivitas senyawa dalam rempah yang dapat membantu dalam menghambat replikasi virus SARS-Cov2. Hasilnya, ditemukan bahwa hampir semua senyawa dalam kecombrang dan daun jambu mete dapat menghambat replikasi virus tersebut," tegasnya.

Minyak ikan
Guru Besar Fakultas Perikanan dan Kelautan IPB University Prof Dr Sugeng Heri Suseno menambahkan, khasiat omega-3, EPA dan DHA dalam minyak ikan juga ampuh dalam menjaga kesehatan tubuh.

Sayangnya, penggunaan minyak ikan sebagai suplemen kesehatan di Indonesia sendiri tergolong masih rendah. Suplemen kesehatan dari minyak ikan lebih banyak diimpor daripada diolah sendiri di Indonesia, padahal kandungan omega-3 pada ikan sarden Indonesia tergolong tinggi. Lebih tinggi daripada ikan salmon liar.

“Industri budidaya hendaknya segera memanfaatkan potensi tersebut dengan mengoptimalisasikan by product hasil perikanan tangkap. Kandungan omega-3 pada by product seperti ekor dan jeroan lebih tinggi daripada bagian tubuh ikan lainnya. Pengusaha juga perlu memperhatikan kualitas minyak ikan yang diolah agar dapat bersaing dengan negara tetangga,” ujarnya.

IPB berharap dengan internalisasi pengetahuan, perilaku masyarakat akan berubah dengan sendirinya dalam menanggapi pandemi. Hal tersebut amat krusial mengingat musim libur tahun baru sehingga risiko penularan amat tinggi. (H-2)

Baca Juga

AFP

Jemaah Terpapar Covid, Kemenag Akan Evaluasi Penyelenggaraan Umrah

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Selasa 25 Januari 2022, 15:35 WIB
Fase pertama yakni perwakilan tim aju, dari 25 orang yang berangkat, 11 (44%) orang dinyatakan positif serta fase kedua yakni dari 411...
ANTARA FOTO/Galih Pradipta

LLDikti Wilayah III Jakarta dan Universitas Gunadarma Gelar Vaksinasi Booster

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 14:31 WIB
Akselerasi program vaksinasi terus dilakukan oleh pemerintah. Selain itu juga, masyarakat harus waspada dengan terus disiplin menerapkan...
dok.humas

HGN 2022: Bulog Salurkan 6 Ton Beras Bervitamin ke Jabodetabek dan Jateng

👤Muhammad Fauzi 🕔Selasa 25 Januari 2022, 13:46 WIB
DALAM rangka peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) tahun 2022, Perum BULOG menyalurkan beras fortivit sebanyak 6 ton ke 12 yayasan di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya