Kamis 31 Desember 2020, 13:03 WIB

Menkes Tetapkan 9 Jenis Vaksin Covid-19

Nur Azizah | Humaniora
Menkes Tetapkan 9 Jenis Vaksin Covid-19

AFP
Vaksin covid-19

 

KEMENTERIAN Kesehatan memastikan ada sembilan jenis vaksin yang akan digunakan untuk upaya vaksinasi dalam penanganan covid-19. Keputusan ini tertuang dalam Surat Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07 Tahun 2020 tentang Penetapan Jenis Vaksin untuk Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

"Vaksin covid-19 yang diproduksi oleh PT Bio Farma (Persero), AstraZeneca, China National Pharmaceutical Group Corporation (Sinopharm), Moderna, Novavax Inc, Pfizer Inc. and BioNTech, dan Sinovac Life Sciences Co sebagai jenis vaksin covid-19 yang digunakan di Indonesia," isi surat tersebut, Jakarta, Kamis (31/12).

Namun, beberapa vaksin masih dalam tahap pelaksanaan uji klinik tahap ketiga. Beberapa lainnya masih proses uji efikasi.

"Penggunaan vaksin untuk pelaksanaan vaksinasi hanya dapat dilakukan setelah mendapat izin edar atau persetujuan penggunaan pada masa darurat (emergency use authorization) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)" bunyi surat tersebut.

Baca juga:  1,8 Juta Dosis Vaksin Sinovac Tiba di Soekarno-Hatta

Disebutkan bahwa menteri dapat melakukan perubahan jenis vaksin berdasarkan rekomendasi dari Komite Penasehat Ahli Imunisasi Nasional (Indonesian Technical Advisory Group on Immunization). Perubahan tentu memperhatikan rekomendasi Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Keputusan ini telah ditandatangani Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 28 Desember 2020. Keputusan berlaku mulai tanggal ditetapkan.

Sebelumnya, pemerintah bakal mendatangkan 400 juta dosis vaksin covid-19 di tahun 2021. 400 juta dosis ini akan didatangkan dari empat perusahaan dan negara yang berbeda.

100 juta akan didatangkan dari Sinovac, Tiongkok dan 100 juta dari Novavax perusahaan Amerika-Kanada. Pemerintah juga memesan 100 juta dosis dari Astrazeneca perusahaan asal Inggris dan sisanya dari Pfizer perusahaan gabungan Jerman dan Amerika.(OL-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Pemerintah Minta Warga Tidak Euforia Pelonggaran Mobilitas

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 18:03 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengimbau agar semua pihak dapat mengontrol euforia setelah dilonggarkannya pembatasan...
ANTARA/MUHAMMAD ADIMAJA

Indonesia Terima 1 Juta Dosis Vaksin Sinovac

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 17:00 WIB
Kedatangan vaksin tahap ke-100 ini menjadi salah satu bukti komitmen pemerintah menjaga ketersediaan vaksin covid-19 dalam rangka...
DOK Kemenkominfo.

Indonesia Terima Kedatangan Vaksin Tahap Ke-100, Pemerintah Amankan Stok

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 15:45 WIB
Covid-29 masih berada di sekitar kita. Bila tingkat kepatuhan terhadap protokol kesehatan turun, ini dapat mengundang kembali lonjakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya