Rabu 25 November 2020, 18:30 WIB

Nasionalisme Bisa Dibangun Secara Kreatif

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Nasionalisme Bisa Dibangun Secara Kreatif

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi

 

MERINGATI Hari Guru Nasional tahun ini, kita sebagai guru harus menjadi teladan yang baik bagi siswa dan bisa menjadi sosok inspiratif di mata mereka.

Hanya memberi tak harap kembali dan melayani siswa dengan sepenuh hati. Mampu mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila dalam pendidikan karekter yang terus dikembangkan dan diperbaharui dengan semangat tinggi. Dengan begitu akan tercipta pemimpin masa depan yang Pancasilais.

"Upaya yang dilakukan adalah menanamkan nilai-nilai Pancasila ke dalam mata pelajaran PPKN dan mata pelajaran lainnya dalam bentuk kolaborasi serta mau berbagi kepada sesama di era digitalisasi saat ini," ujar  Wijayakusuma, yang pada Peringatan HGN tahun ini mendapat penghargaan sebagai Guru Inspiratif.

Siswa juga diajak untuk berkontribusi dalam kegiatan teman asuh dan kepemimpinan sehingga tercipta kebanggaan kepada bangsanya. Misal, dalam mata pelajaran PPKN berkolaborasi dengan PS dan Bahasa Indonesia. Itu bisa dilakukam dalam bentuk kegiatan drama atau kegiatan membuat buku bersama. Berbagi kepada teman lainnya dalam bentuk bakti sosial dan kegiatan sosial lainnya.

Misal dalam kegiatan kesiswaan seperti upacara virtual, gotong royong sesama teman yang kondisi ekonomi kurang baik dan saling berbagi tanpa melihat suku, agama, ras dan antar golongan. Hemat saya, nasionalisme dapat dibangun dari kegiatan-kegiatan siswa tentang para pejuang bangsa melalui mata pelajaran PPKN dan IPS. Di sini para siswa belalajar dari para tokoh nasional dan pahlawan bangsa.(H-1)

Baca Juga

MI/Ramdani

Libur Akhir Tahun, RS Wisma Atlet Terima 400 Pasien Per Hari

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:50 WIB
“Hal ini tidak terlepas dari pasien-pasien positif covid-19 yang dikirim dari puskesmas atau rumah sakit lainnya ke Wisma...
MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI

RS Wisma Atlet Didominasi Pasien Covid-19 Bergejala

👤Hilda Julaika 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:48 WIB
Saat ini pasien covid-19 dengan gejala mendominasi di RS Wisma...
Antara

Luhut : Mobile Lab Tes PCR Bakal Disebar ke Provinsi Lain

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 25 Januari 2021, 14:24 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, labotarium mobile tes PCR covid-19 buatan dalam negeri akan disebar ke provinsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya