Rabu 25 November 2020, 00:45 WIB

Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

(PS/YP/H-3) | Humaniora
Audisi Rektor, Dekan Fisip USU Paparkan Program

Yoseph Pencawan
Calon Rektor USU Muryanto Amin: Muryanto Amin saat tampil mengikuti Audisi Calon Rektor USU, Selasa 24 November 2020.

 

PROSES penjaringan calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) memasuki tahapan pemaparan program kerja, kemarin. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Dr Muryanto Amin menjadi salah satu kandidat bersama dengan Prof Dr dr Farhat MKed (Sekretaris USU), Prof Dr M Arif Nasution MA (Guru Besar Ilmu Politik USU), dan Dr Restu Utama PencawanMPd.

Muryanto memaparkan ada enam program bertajuk Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespons Disrupsi dan Hiperkompetisi 2021-2026.

USU, terang Muryanto, harus mampu memberikan kontribusi dalam merespons perubahan yang terjadi sangat cepat di era revolusi industri 4.0 ini. "Revolusi industri 4.0 menghasilkan fenomena situasi dengan pergerakan dunia industri bergerak cepat (disrupsi) dan hiperkompetisi sehingga mengharuskan Universitas Sumatera Utara mampu memberikan kontribusi dalam merespons perubahan yang sangat cepat terjadi," ujarnya.

Muryanto menyebut ada enam usul dan gagasan program yang akan diprioritaskan jika ia dipercaya memimpin kampus kebanggaan Sumatra Utara itu.

Pertama, menerapkan kelembagaan dan tata kelola adaptif. Muryanto menegaskan readjustment dan revitalisasi struktur serta tata kelola menjadi landasan penting agar pengelolaan universitas dapat dilakukan secara fleksibel. Selain itu, adaptasi Tridharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, yang dilaksanakan secara integratif.

Selanjutnya merevitalisasi aset universitas untuk mendukung proses pembelajaran, digitalisasi kampus, melakukan enterprise kampus, serta terakhir kerja sama. "Isu penting dalam kerja sama secara institusi ialah memberdayakan kekuatan universitas agar tidak menjadi menara air," bebernya.

Ketua Panitia Pemilihan Prof Dr Guslihan Dasa Tjipta SpA (K) menuturkan audisi calon rektor hanya diikuti empat kandidat setelah dua calon mengundurkan diri. "Anggota Senat USU akan menilai program kerja yang nantinya akan dikirim tiga nama ke MWA USU," ujarnya. (PS/YP/H-3)

Baca Juga

Ist

Atasi Banjir di Kalsel, Perlu Peningkatan Tata Kelola Air

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 27 Januari 2021, 15:16 WIB
Tata kelola air di DAS Kalsel perlu ditingkatkan, khususnya pengelolaan dan pengawasan air limpasan yang terjadi di daerah hulu melalui...
MI/Insi Nantika Jelita

Sandiaga Donor Plasma Konvalesen untuk Pasien Covid-19

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 27 Januari 2021, 14:25 WIB
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno melakukan donor plasma konvalesen di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI),...
Medcom.id

Rusak Hutan, Wakil Ketua DPRD Takalar Dijerat Pidana Berlapis

👤 Atalya Puspa 🕔Rabu 27 Januari 2021, 13:57 WIB
Penyidik menduga perbuatan tersangka HJB yaitu menebang pohon tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya