Kamis 12 November 2020, 05:35 WIB

Kemenag Imbau Jemaah Disiplin

SYARIEF OEBAIDILLAH | Humaniora
Kemenag Imbau Jemaah Disiplin

MI/ M IRFAN
BERANGKAT UMRAH SAAT PANDEMI: Calon jemaah umrah bersiap berangkat dari Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, kemarin.

 

AGEN Penyelenggara Perjalanan AIbadah Umrah (PPIU) dan asosiasi penyelenggara umrah diimbau untuk menerapkan disiplin protokol kesehatan pada jemaah. Pasalnya, terdapat 13 jemaah umrah asal Indonesia yang terkena covid-19 di Tanah Suci Mekah, Arab Saudi.

“Mari kita disiplin terapkan prokes umrah masa pandemi. Dari tiga gelombang kelompok terbang (kloter) umrah, ada 13 jemaah di Saudi positif covid-19. Mereka menjalani karantina ditangani muasasah dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi,” kata Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Arfi Hatim pada talkshow virtual di Gedung BNPB Jakarta, kemarin.

Arfi menjelaskan, dari tiga kloter yang berangkat pada 1 November lalu, 224 orang menjalani tes usap di Saudi, terdapat 8 jemaah terkena covid-19, dan dari kloter 3 November  sebanyak 89 orang, 5 orang terpapar covid-19. “Sedangkan 46 orang dari kloter 6 November, tidak ada yang terkena covid-19,” jelasnya.

Menurut Arfi , kondisi ini menjadi titik kritis yang harus dievaluasi bersama dalam konteks pencegahan pandemi. Kemenag, lanjutnya, sudah melakukan mitigasi guna mengantisipasi hal terburuk.

Dia mengingatkan sisi regulasi telah komprehensif mesti diiringi tingkat kepatuhan semua pihak. “Regulasi tidak ada artinya jika tidak disiplin dan melanggar regulasi umrah pandemi,” tandas Arfi .

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Bungsu Sumawijaya mengimbau agar jemaah umrah sebelum berangkat ke Tanah Suci melakukan isolasi mandiri (isman) lebih awal selama di Tanah Air. Tujuannya, menghindari penularan covid-19, lebih siap mental, serta sehat dengan mengonsumsi herbal atau makanan suplemen.

“Jadi, kami juga meminta jemaah melaksanakan prokes dengan baik serta mengikuti aturan pemerintah Saudi. Manakala tiba di Saudi sebelum umrah disiplin ikuti tes swab dan jalani karantina sesuai aturan selama 72 jam, jadi jangan jalan-jalan atau keluar hotel,” tegas Bungsu.

Sementara itu, jemaah umrah Nana Sujana dari Gaido Travel meminta sesama jemaah agar tertib dan disiplin melaksanakan prokes umrah masa pandemi. “Kendati ada rasa waswas
karena ada rombongan umrah kami terkena covid-19, tetapi dengan disiplin terapkan prokes serta yakin, alhamdulillah kami dapat berumrah dengan baik,” tutur Nana.


Karantina


Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyatakan, jemaah umrah yang tiba di Tanah Air harus menjalani pemeriksaan sebagai langkah screening covid-19. Sambil menunggu hasil tes, jemaah akan dikarantina di Asrama Haji Pondok Gede di Jakarta Timur.

“Apabila tes menunjukkan hasil tes yang positif (covid-19), jemaah akan dirujuk ke rumah sakit untuk memperoleh penanganan lebih lanjut. Bagi jemaah umrah dengan hasil tes negatif covid-19, wajib menjalani isolasi di fasilitas kesehatan yang ditentukan pemerintah,” jelas Wiku dalam keterangan pers virtual, Selasa (10/11). (Fer/H-3)

Baca Juga

MI/Ramdani

Menhub: 36 Ahli Waris Sriwijaya Air SJ182 Sudah Dapat Santunan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Januari 2021, 16:20 WIB
SEBANYAK 36 ahli waris korban kecelakaan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah menerima santunan dari Jasa Raharja sebesar Rp50 juta untuk...
Antara/ Syifa Yulinas

Olah Sawit, LIPI Usulkan Pembangunan Kilang Green Fuel

👤Humaniora 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:55 WIB
Kebijakan dunia di bidang energi yang hanya megizinkan bahan bakar ramah lingkungan harus direspons cepat agar Indonesia tidak tertinggal...
ANTARA/ FEY SELLY

Mendikbud Sebut 34.200 Sekolah Sudah Gelar PTM

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 20 Januari 2021, 15:30 WIB
Pihak sekolah menghadapi pilihan sulit antara ketertinggala pembelajaran dan masalah keselamatan serta keselamata siswa di masa pademi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya