Jumat 23 Oktober 2020, 13:45 WIB

Norovirus Bukan Virus Baru seperti Covid-19

mediaindonesia.com | Humaniora
Norovirus Bukan Virus Baru seperti Covid-19

istimewa
Gerry Hukubun

 

SEPEKAN terakhir ini di media sosial ramai diperbincangkan kekuatiran virus baru yang muncul di Tiongkok. Isu tersebut berkembang dan menjadi polemik dan menimbulkan ketakutan baru bagi masyarakat.

"Saya ingin sampaikan beberapa fakta tentang norovirus tersebut sehingga tidak menjadi polemik dan ketakutan baru bagi masyarakat," imbau Gerry Hukubun, pengamat luar negeri melalui pesan whatsapp kepada mediaindonesia.com, Jumat (23/10)

Dalam amatan Gerry, kasus pertama norovirus yang terkena adalah mahasiswa Universitas Keuangan dan Ekonomi Shanxi, Taiyuan yang berjarak 45 km dari Ibu Kota.

Pihak Kampus, jelas Gerry, sudah mengingatkan para mahasiswanya jika pesan makanan dari luar atau memasak sendiri pastikan higienis. Kampus juga tidak melarang mahasiswa keluar. Karena penyakit ini tidak membahayakan.

"Sumber norovirus dari kotoran manusia yang sudah terinfeksi. Kondisi kota juga normal tidak terjadi apa-apa. Masyarakat juga beraktivitas seperti biasa saja di beberapa titik masih harus memakai masker.

"Wabah ini (norovirus) juga sudah tejadi pada bulan Mei 2018 di Guangzhou dan tidak ada korban. Mereka yang terinfeksi adalah mahasiswa yang pesan makanan dari luar. Jadi ini faktor kebersihan saja," imbau Gerry.

Gerry yang lama sekolah di luar negeri berharap, informasi yang disampaikannya ini bisa memberikan konfirmasi sekaligus ketenangan agar tidak menjadi polemik dimasyarakat. Apalagi sampai menimbulkan kekawatiran dan kepanikan.

"Saya kasihan masyarakat menerima informasi yang salah dan justru menimbulkan kepanikan dan pasti menurunkan imunitasnya. Padahal saat pandemi covid ini kita harus meningkatkan imunitas," ungkap dia. (OL-13)

Baca Juga: Waspadai Norovirus Penyebab Keracunan Makanan

 

Baca Juga

Dok. WOM FInance

Tingkatkan Literasi Masyarakat, WOM FInance Bangun Taman Baca Masyarakat di Tanjung Priok 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:36 WIB
rik menuturkan, WOM Finance telah melakukan renovasi TBM tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di...
ANTARA

Waduh! 90 Persen Kecelakaan Bus dan Truk Terjadi di Jalan Menurun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:18 WIB
Itulah pentingnya para pengemudi untuk mengetahui teknik pengereman yang benar dan baik dalam segala kondisi jalan yang...
MI/Zen

Komunikasi Efektif Kunci Kesuksesan Humas

👤Christopher Richie, Bank Indonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:05 WIB
Sayangnya, siaran Pers yang dipublikasi saat ini dinilai kurang menarik. Kementerian/lembaga sering kali berfokus pada seremonial daripada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya